Cara Mengatasi Asam Lambung, Mudah dan Murah

Cara Mengatasi asam lambung

Lifestyle, SAKATA.ID: Cara Mengatasi Asam Lambung yang naik tidaklah harus selalu dengan minum obat yang beredar dipasaran. Sakit mendadak karena asam pada lambung yang naik memanglah sangat tidak mengenakkan, apalagi ketika kita sedang asyik-asyiknya beraktivitas. Nah, untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengatasinya. 

Masalah naiknya asam lambung bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena asupan makanan yang kurang bergizi dan tidak menerapkan pola hidup sehat yang baik pada kehidupan sehari-hari. Stress berlebihan juga dapat memicu penyakit ini kambuh. 

Bacaan Lainnya

Gejala yang sering dirasakan penderita ketika asam lambung kambuh adalah nyeri pada bagian ulu hati. Ini menandakan produksi asam pada lambung sedang meningkat.

Tidak hanya mual dan muntah saja yang akan anda alami jika penyakit ini kambuh, tetapi juga akan mengalami rasa nyeri hingga panas pada bagian perut. Gejala seperti rasa panas di dada atau tenggorokan, sesak nafas dan gejala lainnya yang sama sekali tidak boleh dianggap enteng. Hal ini karena gejala naiknya asam lambung mirip dengan serangan jantung.

Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk meringankan asam lambung Anda: 
  1. Duduk dengan posisi rileks 35-45 derajat. Hindari berbaring karena asam lambung akan semakin meningkat.
  2. Hindari stres berlebih. karena ini dapat memicu nyeri ulu hati dan meningkatkan kadar sakitnya.
  3. Longgarkan pakaian Anda. Terutama pada area dada dan perut. Usahakan Anda dalam kondisi rileks.
  4. Atur nafas dengan baik dan perlahan.
  5. Minum air hangat, bisa juga ditambahkan perasan lemon. Minumlah sedikit demi sedikit dan jangan terlalu cepat karena dapat memicu muntah.
  6. Hindari minum minuman bersoda karena dapat meningkatkan gas asam lambung.
  7. Konsumsi makanan yang lunak seperti pisang atau bubur agar mudah dicerna oleh lambung
  8. Kunyahlah permen karet. Dengan mengunyah permen karet, mulut akan  mengeluarkan banyak air liur, sehingga mampu menurunkan asam lambung.
  9. Minum air kelapa. Air yang memiliki banyak manfaat ini dipercaya bisa mengurangi resiko refluks asam lambung. 

Obat Herbal Untuk Mengatasi Asam Lambung

Jika asam lambung sedang kambuh, tidak harus selalu minum obat yang beredar dipasaran. Ada beberapa cara alami mengobatinya dengan bahan herbal, diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan seperti berikut:

1. Kunyit

Kunyit dapat mengobati asam lambung, karena fungsi utamanya memang dapat mengobati luka atau penyakit dalam tubuh.Caranya potong kunyit dengan ukuran setengah ibu jari, lalu campurkan air satu setengah cangkir dan didihkan selama sekitar 15 menit. 

Kemudian disaring untuk diminum 3 kali sehari hingga lambung terasa nyaman kembali. Dapat juga dicampur dengan madu atau gula merah.

2. Jahe

Mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan menggunakan jahe, caranya dengan dipotong kecil-kecil lalu rebus jahe selama 30 menit. Setelah itu disaring dan airnya diminum, bisa juga ditambahkan sedikit kayu manis. 

Jika tidak mau repot Anda dapat menggunakan serbuk jahe 2-4 gram per hari, diminum 2-3 kali sehari, baik sebelum atau sesudah makan. 

3. Lidah Buaya

Asam lambung yang naik dapat  menimbulkan rasa panas di perut,.Lidah buaya dapat membantu Anda untuk mendinginkan perut. Caranya, kupas lidah buaya yang masih segar, kemudian potong dadu kecil-kecil. Dapat dinikmati langsung atau mencampurkan ke dalam jus buah yang Anda suka. 

4. Madu

Madu asli mempunyai segudang manfaat salah satunya mengobati asam lambung. Jika asam lambung sedang kambuh cukup konsumsi madu sebanyak dua sendok, maka akan membuat kondisi lambung lebih baik.

5. Buah Apel

Cara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi buah apel merah. Jenis apel merah akan menurunkan asam lambung, sehingga akan menghilangkan rasa sakit. 

Cara Mencegah Asam Lambung Naik

Agar asam lambung tidak kumat lagi, lakukan beberapa cara ini :
  1. Jaga pola makan. Makanlah dengan teratur 3 kali sehari.
  2. Mengunyah makanan sampai halus. Sebaiknya saat sedang makan kunyahlah makanan sebanyak 32 kali, supaya mudah dicerna.
  3. Hindari makanan berlemak, karena lemak yang anda konsumsi dapat menempel di lambung.
  4. Menghindari stress, karena stress salah satu pemicu naiknya asam lambung.
  5. Menghindari rokok dan alkohol.
  6. Kurangi konsumsi kafein.

Demikianlah cara untuk mengatasi asam lambung, semoga bisa membantu anda yang sedang mengalaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.