Cara Mengenali Jenis Kulit, Temukan Perawatan yang Tepat

Cara Mengenali Jenis Kulit

LIFESTYLE, Kecantikan:- Sebelum membeli skincare, ketahui cara mengenali jenis kulit agar tidak menyesal nantinya. Perawatan yang tepat dapat memaksimalkan manfaat dari produk, selain itu jika produk yang dipilih sesuai dengan jenis kulit, maka tidak akan menimbulkan efek samping. 

Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Pertimbangan utamanya tentu dilihat dari jenis kulit dan keluhan yang Anda alami. Karena dengan mengenali kulit Anda maka akan lebih mudah menemukan produk yang tepat. 

Bacaan Lainnya

Cara Mengenali Jenis Kulit, Lakukan Tes Ini

Jenis kulit paling mudah diketahui saat Anda tidak memakai perawatan. Cuci wajah Anda seperti biasa, keringkan dengan handuk. Cobalah untuk tidak menggunakan skincare apa pun seperti toner, serum, essence, atau pelembab. 

Kulit Kering

Cara mengenali jenis kulit kering dilihat dari tanda-tanda kulit terasa kaku seperti ditarik-tarik. Beberapa merk sabun wajah dapat menyebabkan kulit semakin kering. Pilih sabun wajah yang dapat membersihkan kulit dengan lembut namun tetap melembabkan. 

Kandungan vitamin E dan asam hialuronat sangat baik digunakan pada kulit kering. Pahami bahwa kulit jenis ini lebih cepat muncul kerutan ketimbang jenis kulit lainnya. Oleh karena itu, pemilik kulit kering bisa saja menggunakan serum dan eye cream lebih awal sebelum menginjak usia 25 tahun. 

Hindari produk skincare yang tinggi alkohol dan asam salisilat. Kandungan asam salisilat biasanya ada di dalam produk penghilang jerawat, tetapi bagi kulit kering, zat ini menyebabkan kulit semakin kering dan mengelupas. Kosmetik dengan less fragrance (minim pewangi) juga dianjurkan untuk kulit kering. 

Kulit Kombinasi

Setelah 30 menit, ratakan kapas ke seluruh permukaan wajah. Lihat bagian mana yang paling banyak menyerap minyak. Jika area T-zone (dahi, hidung, dan dagu) yang paling banyak menunjukkan minyak, maka Anda memiliki jenis kulit kombinasi. 

Cara mengenali jenis kulit kombinasi memang susah-susah gampang, begitupun dalam memilih perawatannya. Ini dikarenakan wajah memproduksi minyak dengan tidak konsisten, kadang minyak di area T-zone ini masih bisa terkendali, tetapi ada pula yang mulai merasa terganggu yaitu ketika make up di area ini lebih cepat luntur. 

Kandungan ekstrak lidah buaya atau aloe vera dipercaya dapat melembabkan kulit tanpa rasa lengket. Sehingga aloe vera cocok untuk jenis kulit kombinasi. Penggunaan toner tidak boleh dilewatkan saat melakukan perawatan, karena toner dapat membantu menjaga area hidung agar terhindar dari komedo. 

Jangan lupa cek Cara Mengangkat Sel Kulit Mati untuk mencegah timbulnya jerawat di area T-zone. Jenis kulit kombinasi membutuhkan eksfoliasi rutin agar tidak terjadi penyumbatan pori-pori. Selain itu, eksfoliasi juga bisa membuat kulit jadi makin cerah.

Kulit Berminyak

Bagi kulit berminyak, hampir seluruh permukaan tisu menyerap minyak. Cara mengenali jenis kulit berminyak juga dilihat dari penampakan pori-pori yang terlihat jelas. Banyak orang beranggapan bahwa kulit berminyak tidak butuh pelembab, tetapi kenyataannya, pelembab yang tepat justru dapat mencegah produksi minyak berlebih. 

Meski sering mengeluh minyak di wajah yang terasa tidak nyaman dan cenderung lebih mudah berjerawat, namun ada sisi baiknya yaitu tidak cepat muncul keriput.Gunakan produk perawatan  yang mengandung tea tree untuk mengontrol minyak sekaligus membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Ketahui Apa Itu Double Cleansing karena akan sangat bermanfaat jika dilakukan pada jenis kulit berminyak. Membersihkan wajah secara tuntas dengan metode dua tahap perlu dilakukan di malam hari sebelum tidur, untuk mencegah jerawat muncul dan membersihkan kulit hingga ke pori-pori. 

Kulit Sensitif

Cara mengenali jenis kulit sensitif bisa langsung diketahui saat mencuci wajah menggunakan sabun. Untuk sabun yang memiliki kadar alkohol tinggi, kulit sensitif akan merasa perih. Selain itu ketika terkena sinar matahari langsung, kulit sensitif akan menunjukkan reaksi terbakar berupa kemerah-merahan. 

Mirip seperti kulit kering, produk yang mengandung rendah alkohol dan fragrance juga dianjurkan untuk kulit sensitif. Namun karena kulit sensitif bisa menimbulkan reaksi penolakan yang lebih parah, maka ada komposisi tambahan yang perlu dihindari. 

Pilih produk yang tidak mengandung paraben dan retinoid. Untuk diketahui, retinoid adalah zat turunan vitamin A yang berguna untuk mengurangi kerutan. Tetapi bagi kulit sensitif retinoid dianggap terlalu keras sehingga bisa memicu iritasi dan rasa perih. Dengan tips cara mengenali jenis kulit, Anda akan lebih mudah menentukan produk perawatan yang cocok.*(sakata.id). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.