Cara Merawat Kulit Kombinasi, Kontrol Minyak di Area T-Zone

  • Whatsapp

Lifestyle, SAKATA.ID: Merawat kulit kombinasi menjadi tantangan dalam menjalani aktivitas skincare, ada cara mudah hasil rangkuman sakata dari pelbagai sumber.

Meski area T-Zone (dahi, hidung, dan dagu) selalu berminyak, area lainnya pada wajah cenderung kering.

Bacaan Lainnya

Sehingga kita membutuhkan produk skincare yang mampu menyeimbangkan kelembaban dan kadar minyak di minyak di wajah. 

Terutama di area T-Zone, kelenjar minyak lebih banyak sehingga cenderung mudah berminyak.

Apalagi saat pandemi banyak orang memakai masker. Jika kebersihan masker tidak diperhatikan, kulit tipe kombinasi akan mudah terkena jerawat di area hidung dan dagu. 

Cara Merawat Kulit Kombinasi 

Perawatan kulit yang kamu butuhkan terdiri dari cleanser, toner, moisturizer dan sunscreen.

Keempat jenis perawatan ini adalah fondasi untuk menciptakan kulit yang sehat. Untuk kulit tipe kombinasi, komposisi pada setiap produk harus lebih diperhatikan agar bisa bekerja maksimal. 

Rutin Double Cleansing

Agar tidak terkena jerawat yang sering muncul di area T-Zone, lakukan double cleansing di malam hari.

Gunakan first cleanser dengan tipe cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water. First cleanser dapat menghilangkan sisa-sisa sunscreen yang menyumbat pori-pori dan meluruhkan make up dengan lebih mudah. 

Cleansing oil terbuat dari jenis minyak yang baik bagi kulit, sehingga ia dapat mengangkat minyak jahat dari wajah.

Sedangkan cleansing balm cenderung berbentuk padat, namun saat diaplikasikan ke wajah akan berubah menjadi oil. Micellar water merupakan first cleanser yang sedang populer karena tidak menimbulkan rasa lengket. 

Namun, apa pun yang kamu pilih, pastikan kamu nyaman menggunakannya. Cleansing oil dan cleansing balm perlu diseka dengan tisu basah pada akhir pemakaian.

Sedangkan micellar water cenderung boros kapas. First cleanser yang kamu pilih tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Setelah first cleanser, gunakan sabun wajah dengan tekstur gentle mild atau foam. Tidak perlu banyak busa, yang penting bisa mengangkat kotoran tanpa membuat kulit kering.

Sabun wajah dengan tekstur gentle mild atau foam cenderung lebih lembut dan tidak mengurangi kelembaban di wajah. 

Gunakan Dua Jenis Toner

Toner terbagi menjadi dua macam sesuai fungsinya, hydrating dan exfoliating.

Cara merawat kulit kombinasi dengan hydrating toner harus menggunakan kandungan ekstrak bunga calendula. Kandungan ini berfungsi untuk memberi hidrasi dengan baik sekaligus mencegah minyak berlebih di area T-Zone. 

Selain itu, gunakan exfoliating toner untuk mengangkat sel kulit mati. Area T-Zone yang berminyak cenderung mudah berjerawat dan muncul komedo.

Agar masalah kulit dapat dihindari, eksfoliasi dapat mencegah penumpukan sel kulit mati penyebab jerawat dan komedo. Disarankan memakai exfoliating toner yang mengandung AHA/BHA sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. 

Pilih Moisturizer yang Bersifat Oil-Free

Banyak produk kosmetik menggunakan minyak sebagai bahan dasar pembuatan produknya. Namun, ada juga produk kosmetik yang bebas minyak.

Kulit kombinasi dan berminyak lebih dianjurkan memakai moisturizer dengan bahan dasar air atau formula gel. Produk skincare yang memiliki label non-comedogenic memiliki keunggulan tidak menyumbat pori-pori dan cepat menyerap. 

Pilih Sunscreen dengan Hasil Matte 

Sinar matahari merupakan musuh bagi kulit, karena bisa menyebabkan kulit kusam, memicu keriput lebih cepat, serta efek kemerahan di wajah. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 minimal dan hasil akhir yang matte. Dengan hasil akhir matte, minyak di area T-Zone jadi lebih terkontrol.

Beberapa produk sunscreen bahkan sudah dilengkapi dengan efek tone up sehingga tidak perlu pakai bedak lagi saat berada di rumah. 

Beberapa produk yang direkomendasikan untuk kulit kombinasi:

  • Biore Make Up Remover Cleansing Oil Rp 97 ribu
  • Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash Rp 115 ribu
  • The Aubre Botanical Calendula Toner Rp 95 ribu
  • NACIFIC Pink AHA BHA  Toner Rp 320 ribu
  • AXIS-Y Cera Heart My Type Duo Cream Rp 285 ribu
  • Azarine Hydrashoothe Sunscreen Gel SPF45+++ Rp 65 ribu

Cara merawat kulit kombinasi memang agak sulit dalam pemilihan produk, karena kita harus menggabungkan hydrating dengan oil control dalam basic skincare.

Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung memproduksi minyak lebih sedikit, sehingga kemunculan jerawat dan komedo di area masker bisa dicegah.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *