Cara Pakai Toner yang Benar, Simak Tips Ini!

Lifestyle, SAKATA.ID: Simak cara pakai toner sebagai tahapan kedua dalam step skincare sebelum penggunaan serum, essence, pelembab dan lainnya. Selama ini toner dikenal sebagai pengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat saat mencuci muka. Hal ini tentu benar.

Namun fungsi toner bukan hanya itu. Toner juga memiliki banyak fungsi tergantung kandungan yang ada pada toner itu sendiri, salah satunya sebagai penyeimbang Ph kulit wajah.

Bacaan Lainnya

Ketahui Cara Pakai Toner dan Manfaatnya

Make up, debu, kotoran, polusi dan sinar UV matahari dapat membuat keseimbangan ph kulit wajah terganggu yang bisa mengakibatkan masalah pada kulit wajah seperti jerawat, kulit menjadi kering dan iritasi.

Oleh karena itu penggunaan toner dapat membantu menyeimbangkan ph kulit wajah. Selain itu fungsi toner lainnya adalah membantu mengecilkan pori-pori, menghidrasi kulit, membuat kulit menjadi lembab serta menjaga skin barrier.

Toner juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Exfoliating Toner dan Hydrating Toner. Kandungan yang ada pada kedua jenis toner ini berbeda. Biasanya terdapat kandungan AHA, BHA, atau PHA dalam exfoliating toner yang berguna untuk mengeksfoliasi kulit, mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak pada pori-pori wajah yang tertinggal saat mencuci muka.

Sedangkan pada Hydrating toner terdapat kandungan Hyaluronic Acid dan Glicerin yang berguna untuk menghidrasi kulit dan melembabkan kulit wajah.Untuk mendapatkan fungsi dari toner dengan maksimal, berikut adalah 5 cara penggunaan toner yang benar

Dengan Menggunakan Kapas

Cara ini adalah yang umum sering dilakukan, yaitu dengan membasahi kapas wajah dengan toner yang akan digunakan lalu mengusapnya pada wajah. Lakukan dengan mengusap berlawanan dengan grafitasi untuk menghindari terjadinya pengenduran pada kulit wajah. Usapkan juga pada leher.

Penggunaan kapas lebih maksimal untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang ada di wajah. Sehingga kotoran yang masih tertinggal di pori-pori lebih mudah terangkat dengan kapas. Jenis Exfoliating Toner biasanya lebih cocok menggunakan kapas karena membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati.

Menggunakan Telapak Tangan

Cara pakai toner menggunakan telapak tangan ini lebih cocok untuk Hydrating Toner. Caranya yaitu dengan menuangkan beberapa tetes toner pada telapak tangan yang bersih lalu usapkan kedua tangan dan tepuk-tepuk dengan lembut pada wajah hingga toner meresap

Sebagai Face Mist

Gunakan botol spray bersih, lalu tuangkan toner dan air ke dalam botol spray tersebut dengan perbandingan 1:1. Tutup botol spray dan kocok hingga tercampur. Toner dapat digunakan dengan menyemprot wajah setiap yang diinginkan. Penggunaan toner sebagai face mist ini sangat praktis karena anda dapat membawanya kemana saja. Cara pakai toner seperti ini dapat digunakan untuk jenis Hydrating toner agar wajah tetap lembab.

Hydrating Mask

Cara lain untuk menggunakan toner adalah menjadikannya sebagai masker. Yaitu dengan menggunakan kapas tipis lalu basahi seluruh permukaan tisu dengan Hydrating toner sampai benar-benar basah. Setelah itu tempelkan pada pipi, kening dan bagian wajah lain yang diinginkan.

Atau juga bisa menggunakan compressed sheet mask sebagai pengganti kapas. Mengaplikasikan toner dengan cara ini benar-benar ampuh untuk menghidrasi dan melembabkan kulit wajah apalagi saat kulit terasa kering.

Double Toning

Cara menggunakan toner yang satu ini mungkin terbilang asing. Cara ini merupakan gabungan antara exfoliating toner dan juga hydrating toner. yaitu menggunakan exfoliating toner dan kapas, lalu dilanjutkan dengan menggunakan hydrating toner.

Cara ini dapat memaksimalkan fungsi toner untuk mengangkat kotoran, minyak dan sel kulit mati juga menghidrasi kulit wajah. Itulah cara menggunakan toner yang benar.

Penggunaan Exfoliating Toner tidak bisa dipakai bersamaan dengan produk eksfoliasi lainnya seperti scrub atau oil karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Penggunaan Exfoliating toner juga maksimal dua kali seminggu, namun jika cocok dapat menambahkan frekuensi penggunaannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.