Cara Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial, Studi dan Solusi

Cara Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial, Studi dan Solusi

Lifestyle, SAKATA.ID: Cara Mengatasi kecemasan sosial kerap kali menjadi salah satu masalah dalam bersosialisasi di masyarakat. Hal ini yang membuat para peneliti membuat skema untuk menghilangkan hal tersebut. 

Beberapa ahli mulai melakukan penelitian guna menghilangkan masalah kecemasan sosial ini. Studi pun dilakukan pada tahun 2000 lalu oleh seorang profesor dari Universitas Cornell, New York Amerika Serikat bernama Thomas Gilovich.

Bacaan Lainnya

Studi Cara untuk Mengatasi Kecemasan Sosial

Gilovich mengumpulkan beberapa kelompok siswa dan secara acak memilih satu orang dari setiap kelompok. Dia kemudian memberitahukan sisanya untuk datang ke sebuah ruangan pada waktu tertentu untuk mengerjakan sebuah “Proyek”. 

Perlu diketahui bahwa semua kursi di ruangan ini diposisikan sedemikian rupa agar melihat bagaimana mereka mengatasi kecemasan sosial. Dia kemudian membawa siswa yg terpilih dengan sambil mengulur-ulur waktu. Kemudian meminta mereka mengenakan kaos dengan gambar orang terkenal seperti Martin Luther King dan Bob Marley.

Setelah itu profesor Gilovich mengatakan kepada orang yang terpilih itu untuk masuk ke ruangan dengan waktu yang berbeda. Mengetahui bahwa mereka akan terlambat, juga mengetahui bahwa semua siswa lain akan melihat ke pintu dan memperhatikan siapa yang masuk. 

Eksperimen mengatasi kecemasan sosial ini diharapkan menciptakan pengalaman yang memalukan. Dia membuat seolah akan ada yang terlambat dan menyebabkan mereka yakin bahwa semua orang sedang memperhatikannya. Dengan fakta bahwa semua orang melihatnya ketika berjalan masuk ke ruangan.

Setelah percobaan selesai para peneliti pun memberikan pertanyaan kepada setiap orang yang dipermalukan ini. Pertanyaan itu adalah berapa banyak siswa yang mengingat kejadian itu dengan jelas?.

Rata-rata orang-orang yang dipilih ini melaporkan bahwa 50% dari semua siswa lain akan dapat mengingat kejadian dan kaos yang mereka kenakan. Mereka benar-benar yakin bahwa sebagian besar orang di ruangan memperhatikan. 

Tetapi dari penelitian kecemasan sosial profesor hanya menemukan 10%  saja siswa di ruangan yang dapat mengingat kembali kejadian dan kaos itu. Dari eksperimen ini ditemukan sesuatu yang disebut The spotlight effect.

Nah untuk itu saya akan menunjukkan kepada kamu dua cara sederhana mengatasi kecemasan sosial.

Dua Langkah Simpel Mengatasi Kecemasan Sosial

Langkah 1 Harus Lebih Sadar akan Pikiran sendiri

Cara pertama untuk mengatasi kecemasan sosial adalah lebih sadar akan kebutuhan diri sendiri. Sebagian besar dari kita tidak menyadari ternyata ada 50 hingga 70 ribu pemikiran setiap hari. Itulah sebabnya kamu harus mulai membangun kebiasaan Mindfulness seperti meditasi. Anda mencoba untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada satu hal seperti  pernafasan. 

Ketika akan membangun latihan kesadaran Anda akan menjadi 10 kali lebih sadar tentang untuk memperhatikan diri sendiri.  Dengan melakukan ini pikiran Anda 99% untuk diri sendiri dan hanya 1% mengenai orang lain.

Langkah 2 Swapping Shoes Exercise

Setelah melakukan hal pertama untuk mengatasi kecemasan sosial, kemudian lanjut ke The swapping shoes exercise. Jadi yang harus dilakukan adalah pergi tempat umum dan memilih orang secara acak.

Kemudian kamu fokus terhadap orang tersebut dan berusaha untuk membayangkan apa yang terjadi di kepala mereka. Bayangkan bahwa kamu berada dalam posisi mereka dan menjalani kehidupan mereka.

Masalah apa yang mereka hadapi saat ini? Apa yang sedang mereka khawatirkan atau stress?. Pikiran insecure macam apa yang terjadi di kepala mereka? Hal-hal apa yang menurutmu sedang mereka pikirkan? 

Dengan cara mengatasi kecemasan sosial ini selanjutnya, biarkan diri Anda untuk benar-benar membayangkan berada di posisi pemikiran mereka. Berusaha menjadi diri mereka baik dari pola pikir dan juga sifat mereka.

Dengan melakukannya maka akan tertanam konsep the spotlight effect yang akan memungkinkan kamu untuk mulai semakin sedikit merasakan kecemasan sosial. Ketika kamu mulai menyadari bahwa orang-orang tidak begitu memperhatikan kamu. Mungkin terasa sedikit sedih untuk menyadari hal ini, tetapi pada kenyataannya bahu kamu akan sangat terbebani jika belum mengetahui ini.

Cara untuk mengatasi kecemasan sosial ini diharapkan bisa membantu sedikit mengurangi beban Anda. Anda akan menjadikan hidup ini lebih baik dan juga meninggalkan segala kesan negatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.