Ingin Menghilangkan Ketombe? Coba Cara Ini!

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe. Kulit pada tubuh dan kepala mengalami regenerasi secara berkala dimana kulit mati terkelupas dan memberi ruang untuk kulit baru.

Kulit kepala yang terkelupas itu akan tersangkut pada helaian rambut dan inilah yang disebut dengan ketombe. Orang-orang dengan kulit kering atau yang kekurangan nutrisi tertentu akan menjadi lebih parah.

Bacaan Lainnya

Hormon yang tidak seimbang, stres dan pola makan yang tidak seimbang sangat mempengaruhi kondisi ini.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan Ph yang ada di kulit kepala. Selain itu dapat menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala.

Caranya potong 1 buah jeruk nipis menjadi 6 sampai 8 bagian. Lalu aplikasikan potongan jeruk nipis tersebut pada kulit kepala anda. Lakukan cara ini hingga ke seluruh kulit kepala anda.

Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Cuka Apel

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa cuka apel dapat mengubah Ph kulit kepala serta menghilangkan jamur yang ada pada kulit kepala anda. Gunakan botol semprot untuk mengaplikasikannya.

Caranya masukkan 4 sampai 6 sendok teh cuka apel ke dalam botol semprot. Lalu campurkan dengan 4 sampai 6 sendok teh air bersih. Setelah ditutup, bolak-balikkan botol agar tercampur rata. Hindari mengocok terlalu kuat!

Aplikasikan pada batang rambut, dari tengah hingga ujung rambut. Setelah selesai, tutup kepala anda menggunakan shower cap dan diamkan selama 15 menit.

Yogurt

Sama seperti jeruk nipis dan cuka apel, yogurt memiliki tingkat keasaman yang tinggi yang dapat mengurangi jamur penyebab ketombe. Selain itu, yogurt juga dapat digunakan sebagai kondisioner alami rambut yang bisa melembutkan rambut.

Ambil 5 sampai 6 sendok makan yogurt plain dan diamkan semalam. Setelah itu gunakan kuas untuk mengaplikasikan pada rambut anda dari akar hingga ujung rambut. Gunakan pada seluruh rambut anda. Diamkan 1 jam lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, anda dapat melakukan cara ini 3 kali dalam seminggu.

Demikian tips untuk menghilangkan ketombe pada kuit kepala. Ada juga beberapa hal yang perlu dilakukan agar jamur semakin berkurang pada kulit kepala, antara lain:

  1. Cuci rambut/ keramas 2 kali sehari
    Setelah mencuci rambut dengan sampo anti dendruff, gunakan condisioner agar rambut terhindar dari jamur dan rambut tetap lembab.
  2. Hindari pemakaian hair spray
    Penggunaan hairspray yang sering akan membuat rambut menjadi kering dan juga partikel-partikel kecil yang ada pada hairspray akan merangsang tumbuhnya jamur penyebab ketombe.
  3. Pastikan terkena udara bebas
    Hal yang penting lainnya adalah memastikan kulit kepala dan rambut terkena udara bebas dan sinar matahari. Sinar matahari dapat membunuh jamur penyebab ketombe.
  4. Makan dengan pola seimbang dan bernutrisi
    Pada beberapa orang, penyebabnya bisa datang dari faktor dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena pola makan yang tidak seimbang dan nutrisi yang kurang. Biasakan untuk makan makanan bergizi dan minum air putih yang cukup agar kulit terjaga kelembabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.