Kapan Mulai Pakai Serum ?, Ketahui Waktunya

Kapan mulai pakai serum ? ketahui waktunya

LIFESTYLE, Kecantikan:- Dalam merawat kulit, terkadang muncul pertanyaan kapan mulai pakai serum. Karena serum merupakan produk paling dewa di antara keseluruhan skincare, harganya lebih mahal daripada cream meski isinya lebih sedikit. Namun, bukan berarti serum dibutuhkan oleh semua orang.

Banyak orang beranggapan bahwa serum digunakan sejak usia 30 tahun. Tetapi, tidak semua serum dikhususkan untuk penuaan, lho! Ada serum yang dikhususkan blemish atau bekas jerawat, ada juga serum yang ditujukan bagi kulit yang sangat kering. Jadi, serum menawarkan manfaat yang bermacam-macam tergantung dari klaim produk itu sendiri.

Bacaan Lainnya

Kapan Mulai Pakai Serum? Usia Bukan Patokan

Menentukan kapan mulai pakai serum ternyata tidak terpatok pada usia. Menurut dr Dewi Maryani dari Klinik Glowderma, ada beberapa kriteria wanita muda yang membutuhkan bantuan nutrisi dari krim dan serum wajah. Seperti kebiasaan terkena sinar matahari, merokok, alkohol, dan lain sebagainya.

Artinya seseorang yang belum mencapai 25 tahun bisa saja membutuhkan serum lebih awal, karena kebiasaan atau pola hidup yang buruk mengakibatkan penuaan dini pada wajah.

Alasan mengapa remaja tidak pakai serum adalah karena kondisi kulit mereka masih bagus, ditandai dengan kadar kolagen yang membuat kulit kenyal. Sehingga dengan menggunakan skincare sederhana saja, perawatan kulit pada remaja sudah cukup.

Permasalahan Kulit pada Remaja

Ada beberapa remaja yang harus tahu kapan mulai pakai serum. Masalah yang paling umum ditemui adalah jerawat, karena pada usia remaja seringkali dipicu oleh hormon yang tidak stabil. Mengatasi jerawat yang disebabkan hormon tidak cukup dengan skincare, tetapi juga memerlukan penanganan dari dokter atau ahli dermatologi.

Biasanya dokter akan menyarankan serum jika penggunaan skincare dasar tidak kunjung memberi perubahan. Jerawat yang susah hilang butuh bantuan serum, karena serum memiliki konsentrat yang lebih padat dan bisa menembus lapisan epidermis.

Seiring dengan perkembangan teknologi, brand skincare terkemuka juga mulai mengeluarkan serum yang aman dipakai remaja dan dapat dibeli tanpa resep. Namun pemakaian serum pada remaja tetap dibatasi, yaitu sehari satu kali penggunaan.

Kebiasaan Buruk Wanita Muda

Wanita yang belum berusia 25 tahun harus tahu kapan mulai pakai serum, jika sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Salah satunya adalah sering terkena sinar matahari. Sinar ultraviolet merupakan penyebab kerusakan kulit, untuk lebih jelasnya simak artikel Alasan Pakai Tabir Surya.

Tak hanya wanita, pria yang sering terpapar sinar matahari juga cenderung memiliki kondisi kulit lebih tua dari usia sebenarnya. Kehadiran serum disini dapat berperan sebagai revitalisasi atau peremajaan sel kulit. Mulailah menggunakan serum dengan kandungan antioksidan seperti Vitamin C agar wajah lebih cerah dan mencegah munculnya keriput.

Tren kecantikan saat ini sedang marak penggunaan skincare yang mengandung glutathione. Untuk glutathione sendiri merupakan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit sekaligus membuat awet muda. Oleh karena itu tak ada salahnya Anda mencoba glutathione saat tahu kapan mulai pakai serum.

Cara Memilih Serum yang Tepat

Serum menawarkan beberapa fungsi yang bisa disesuaikan pada masalah kulit yang sedang dialami. Untuk kulit yang sering terpapar sinar matahari, punya kebiasaan merokok, begadang dan sebagainya, pilih serum dengan kandungan antioksidan. Tujuannya untuk menghambat penuaan pada wajah.

Apabila saat ini sedang mengalami masalah flek hitam, pilih serum yang dikhususkan masalah pigmentasi. Beberapa di antaranya adalah alpha arbutin dan AHA. Ingat bahwa serum untuk flek hitam tidak akan bekerja maksimal jika tidak dibarengi tabir surya.

Serum yang mengandung kolagen dan asam hialuronat biasanya dibutuhkan oleh usia 25 tahun ke atas. Karena saat orang semakin berumur, produksi kolagen semakin berkurang, sehingga kulitnya cenderung mudah kering. Penggunaan serum jenis ini dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit.

Bagi Anda yang ingin mengetahui kapan mulai pakai serum, maka jawabannya ada pada kondisi kulit wajah saat ini. Usia bukanlah patokan, mengingat kebiasaan buruk bisa menyebabkan wajah tampak lebih tua. Remaja bisa jadi butuh serum lebih awal jika mengalami masalah jerawat yang susah hilang. Pastikan Anda memilih serum yang cocok.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.