Kesalahan dalam Memakai Skincare yang Harus Dihindari

Kesalahan dalam Memakai Skincare

LIFESTYLE, Kecantikan: Dalam melakukan perawatan kulit sehari-hari, hindari kesalahan dalam memakai skincare. Apabila skincare digunakan dengan benar, maka kulit akan merasakan manfaat dan menunjukkan perubahan. Namun apabila digunakan dengan cara yang salah, maka manfaat skincare jadi tidak ada. 

Selain mengetahui urutan pemakaian skincare, kesalahan-kesalahan berikut ini juga sebaiknya dihindari. 

Bacaan Lainnya

Membeli Produk yang Tidak Sesuai

Penting sekali mengenali jenis kulit sebelum membeli skincare agar tidak salah memilih produk. Apabila sudah tahu tipe kulit, maka Anda menjadi lebih mudah mencari produk yang dibutuhkan kulit. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit, rajin-rajin membaca komposisi dan mempelajarinya lewat internet karena itu akan membantu Anda lebih memahami skincare. 

Mencuci Wajah Sebelum Mandi

Skincare bisa gagal jika gak teliti bahkan saat mencuci rambut, sisa-sisa shampoo bisa mengenai wajah dan apabila dibiarkan bisa mengakibatkan jerawat. Jika Anda menggunakan sabun pembersih wajah, sebaiknya gunakan setelah selesai mandi. Karena sabun wajah dapat menghilangkan sisa-sisa shampo. Selain itu, ada baiknya Anda melakukan double cleansing. 

Tidak Memakai Toner

Toner berguna untuk menyeimbangkan pH kulit, urutannya dipakai setelah mencuci wajah. Idealnya toner dianggap sebagai air minum bagi kulit, karena toner dapat memenuhi hidrasi. Apabila tidak menggunakan toner, maka kulit belum benar-benar siap menerima skincare. Akibatnya penggunaan serum dan cream menjadi tidak maksimal. 

Berlebihan dalam Memakai Skincare

Terkadang kita berpikir bahwa dengan menggunakan skincare sebanyak mungkin, manfaatnya jadi berlipat ganda. Padahal itu tidak benar, kulit tetap akan menyerap skincare sebanyak yang dibutuhkan. Apabila mengoleskan cream terlalu banyak, maka sisa-sisa yang tidak terserap akan terbuang. 

Malas Membaca Komposisi

Jika selama ini Anda membeli skincare karena rasa penasaran dan sama sekali tidak membaca komposisi, maka yang terjadi adalah ketidakpastian. Tidak jelas apakah produk ini akan cocok di kulit Anda, tidak jelas apakah kebutuhan kulit Anda akan tercukupi dengan produk itu. Agar tidak melakukan kesalahan dalam memakai skincare, jangan malas membaca komposisi.

Menganggap Kulit Berminyak Tidak Butuh Pelembab

Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, termasuk tipe kulit berminyak. Pelembab yang cocok dapat mengontrol produksi minyak, namun apabila tidak diberi pelembab, maka produksi minyak cenderung tidak terkontrol. Kondisi ini kerap mengganggu terutama untuk yang rentan terkena jerawat. Memahami jenis kulit juga perlu pada saat melakukan skincare.

Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen berperan sebagai perlindungan wajah dari sinar matahari. Beberapa orang tidak tahu alasan pakai tabir surya dalam melakukan skincare, karena tidak merasakan dampaknya sekarang. Padahal jika terus menerus terkena sinar matahari, maka kulit akan mudah kusam, cepat muncul keriput dan flek hitam membandel. 

Tidak Melakukan Double Cleansing

Tabir surya sebenarnya bersifat clogged pore, yaitu menyumbat pori-pori karena ia membuat lapisan penangkal sinar matahari agar tidak langsung mengenai kulit. Tetapi jika Anda menggunakan tabir surya, selalu lakukan double cleansing di malam hari agar wajah benar-benar bersih.  

Idealnya pada tahapan skincare, double cleansing dilakukan dengan dua jenis pembersih. Pertama, Anda bisa menggunakan minyak zaitun ke seluruh wajah dalam keadaan kering. Setelah itu gunakan tisu atau handuk untuk mengelap wajah. Lanjutkan ke tahap mencuci wajah dengan sabun.

Eksfoliasi Berlebihan

Mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) memang bagus dilakukan seminggu sekali, tapi beda halnya jika dilakukan terlalu sering. Apabila berlebihan dalam melakukan eksfoliasi maka kulit cenderung mudah iritasi. Jadi lakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu, karena jika terlalu sering justru tidak baik bagi kulit. 

Menggunakan sabun yang mengandung scrub setiap hari juga bisa dibilang sebagai kesalahan dalam memakai skincare. Karena butiran scrub yang kasar jika dipakai terus menerus akan membuat kulit semakin kering.

Tidak Membersihkan Make Up

Wanita bekerja terkadang pulang di malam hari, dan sesampainya di rumah, mereka langsung tidur dalam keadaan masih memakai make up. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori membesar. Tidak peduli betapa Anda kelelahan atau mengantuk, menghapus make up di wajah tetap harus dilakukan minimal dengan tisu basah. Ini mendukung hasil skincare yang selama ini sudah kamu lakukan.

Banyak orang melakukan kesalahan dalam memakai skincare, namun bukan berarti perawatan menjadi sia-sia. Penting mengenali jenis kulit sebelum membeli produk, karena pemilihan skincare harus sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda membutuhkan serum, maka belilah serum yang bisa mengatasi keluhan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.