Kesalahan Makeup yang Sebabkan Wajah Terlihat Lebih Tua

  • Whatsapp

Lifestyle, SAKATA.ID: Riasan bertujuan untuk memperlihatkan fitur terbaik dari wajah, namun ada beberapa kesalahan makeup yang menyebabkan kamu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Bukannya mempercantik, hasil riasan dengan teknik yang tidak tepat justru malah tidak enak dilihat. 

Berbeda halnya ketika kamu telah memilih produk yang tepat sesuai kondisi kulit dan menguasai trik make up, wajah akan terlihat lebih muda. Agar hasil riasan menjadi sempurna, kita perlu memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh. Berikut ini adalah beberapa kesalahan makeup yang mungkin kamu lakukan tanpa sadari.

Bacaan Lainnya
Warna Foundation yang Salah

Foundation, BB Cream, dan Cushion adalah warna dasar dari riasan wajah. Kita bisa menggunakan salah satu sebagai alas bedak, fungsinya dapat meratakan warna kulit dan menutupi ketidaksempurnaan. Akan tetapi pemilihan alas bedak yang tidak sesuai dengan tone kulit akan menyebabkan wajah terlihat aneh. 

Agar tidak salah dalam memilih alas bedak, kamu bisa mencobanya di bagian leher. Warna alas bedak pada wajah harus sama dengan leher agar tidak terlihat belang. Jika kamu memakai alas bedak yang terlalu terang dari tone kulit, hasil riasan cenderung menjadi abu-abu. Sedangkan alas bedak yang terlalu gelap membuat wajah terlihat kusam. 

Mulai sekarang, gunakan alas bedak dengan warna sesuai agar tidak terjadi kesalahan makeup yang menyebabkan wajah terlihat lebih tua. 

Terlalu Banyak Pakai Concealer

Setelah concealer, kita juga bisa menggunakan concealer untuk memperbaiki area gelap di sekitar mata. Namun, penggunaan concealer yang terlalu banyak bisa menyebabkan riasan terlihat pecah dan bergaris-garis seperti kerutan. Agar hasil riasan tetap bagus, gunakan concealer secukupnya saja ya. 

Eyeshadow yang Tidak Merata

Baik menggunakan warna soft atau bold, penggunaan eyeshadow harus di-blend secara merata agar tidak terlihat menor. Kuas bawaan eyeshadow terkadang tidak bisa diandalkan, karena tidak bisa membaurkan warna dengan baik. Oleh karena itu disarankan membeli kuas terpisah khusus eyeshadow agar tidak terjadi kesalahan makeup yang membuat wajah terlihat lebih tua. 

Eyeliner Terlalu Tebal/Panjang Sebelah

Penggunaan eyeliner pada kelopak mata bagian atas dapat menciptakan kesan yang lebih hidup. Namun, dibutuhkan keahlian khusus untuk menggambar eyeliner agar hasil riasan sempurna. Eyeliner harus dibubuhkan tipis-tipis, dengan ketebalan dan panjang sama pada ketua mata. 

Jika menggambar eyeliner terlalu tebal, wajah akan terlihat lebih tua karena sorot mata jadi terkesan lebih galak. Walaupun sulit, panjang eyeliner pada kedua mata harus sama. Riasan jadi terkesan tidak alami apabila eyeliner panjang sebelah. 

Alis Terlalu Tebal

Kesalahan makeup satu ini paling umum dilakukan dan bersifat fatal. Bentuk alis fungsinya untuk menentukan tema dari keseluruhan riasan. Apabila alis terlalu tebal di bagian depan, maka riasan terlihat palsu dan menor. Agar tampak alami, pelajari terlebih dulu teknik menggambar alis. 

Sebaiknya mulai menggambar alis dari tengah ke ujung luar. Karena pada bagian ujung, tebal pun tidak masalah. Yang paling penting, warnai tipis-tipis pada bagian depan dengan cara diarsir. Lalu sikat dengan brush khusus alis (biasanya terdapat pada pensil alis bawaan).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *