Makanan Pereda Stres, Enak dan Menyehatkan

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini adalah makanan pereda stres yang menyehatkan. Apa saja? Simak berikut penjelasannya!

Meredakan dan mengatasi stres dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada beberapa orang makan dapat meredakan stres yang dialami. Hal itu tidaklah salah. Bahkan menurut Journal Of Nutrition and Food Science, ketika stres tubuh akan sangat membutuhkan nutrisi tertentu seperti vitamin C, vitamin B, selenium dan magnesium. 

Bacaan Lainnya

Teh Herbal

Beberapa teh seperti teh hijau dan teh chamomile adalah jenis teh herbal yang mampu meredakan stres. Kandungan teh hijau yang rendah kafein dan protein inilah yang baik untuk merilekskan otak. Juga teh chamomile memiliki manfaat mengurangi gejala kecemasan.

Dark Chocolate

Coklat hitam mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh. Kandungan dalam coklat hitam dapat menurunkan tekanan darah yang membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Pastikan hanya mengkonsumsi coklat hitam tanpa gula tambahan sebagai makanan pereda stres.

Gandum Utuh

Karbohidrat pada gandum dapat meningkatkan kadar serotonin, yaitu hormon yang bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Serotonin juga berperan dalam pengendalian emosi. Sarapan dengan gandum utuh juga dapat meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas.

Alpukat 

Asam lemak omega 3 pada alpukat dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, kecemasan dan depresi, serta meningkatkan konsentrasi. Sehingga alpukat cocok dijadikan makanan pereda stres.

Salmon

Sama seperti alpukat, salmon juga memiliki kandungan Omega 3 yang bisa membantu mengurangi kecemasan, dengan menekan hormon adrenalin dan kortisol. Konsumsi salmon 2 kali dalam seminggu dapat membantu mengurangi stres.

Susu

Kandungan kalsium pada susu tidak hanya berperan penting bagi pembentukan tulang dan gigi, namun juga kalsium dengan tambahan vitamin D dapat merilekskan otot dan menstabilkan suasana hati. Cobalah mengkonsumsi susu pada malam hari sebagai pereda stres akibat tekanan aktivitas sehari.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang penuh dengan nutrisi seperti vitamin B, magnesium dan asam lemak sehat. Vitamin B dan magnesium dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Bagi yang memiliki kecenderungan untuk makan cemilan saat stres, bisa mengkonsumsi kacang yang sehat, seperti kacang almond dan biji-bijian, seperti biji bunga matahari.

Buah dengan Kandungan Vitamin C

Selain membantu menjaga imun tubuh, kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu mengurangi stres. Stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Buah-buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk dan stroberi bisa jadi makanan pereda stres.

Yogurt

Yogurt memiliki kandungan probiotik yang dapat meningkatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Menjaga kesehatan pencernaan itu penting, khususnya kesehatan usus. Karena usus memiliki hubungan dengan gangguan kecemasan, depresi dan suasana hati. Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga kesehatan pencernaan juga mengurangi stres.

Sayur-sayuran

Sayuran kaya akan serat yang dapat mengurangi kecemasan, depresi dan stres. Kandungan folat dan vitamin pada sayuran hijau membantu memproduksi serotonin dan merangsang dopamin pada otak yang merangsang kebahagiaan. 

Itulah mengapa orang yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan akan merasa lebih tenang dan bahagia setiap harinya. Konsumsi sayuran secara rutin untuk menjaga fisik dan juga mental.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.