Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit, Jadi Lebih Cerah

Kecantikan, LIFESTYLE: Manfaat sabun pepaya untuk kulit sangat banyak, oleh karena itu sayang sekali jika tidak dipergunakan. Sabun pepaya bisa dipakai ke seluruh tubuh termasuk wajah. Sehingga hampir semua permukaan kulit bisa merasakan manfaat dari sabun pepaya. 

Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit, Cek Kandungannya!

Buah pepaya tak hanya enak dimakan, tapi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit. Sama seperti buahnya, sabun pepaya juga menggunakan warna orange untuk menegaskan bahan utama. Yuk simak apa saja yang terkandung di dalam pepaya ini!

Bacaan Lainnya
Vitamin C

Tak bisa dipungkiri bahwa vitamin C memainkan peranan penting dalam pigmentasi. Vitamin C menghambat pembentukan melanin, sehingga kulit menjadi lebih cerah. Selain itu vitamin C juga bisa menyamarkan noda-noda gelap di wajah, serta membantu pembentukan kolagen yang membuat kulit terasa kenyal. 

Vitamin E

Selain vitamin C, ada juga vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E dapat melindungi kulit dari pengaruh radikal bebas yang mempercepat penuaan. Dengan mendapat pasokan vitamin E, kulit jadi lebih lembab dan awet muda. 

Sebagian orang berpendapat bahwa terlalu banyak vitamin E tidak baik untuk kulit berminyak. Tetapi jika takaran yang didapat tidak melebihi batas, maka vitamin E justru sangat baik untuk kulit berminyak. Karena keseimbangan kelembaban dapat mencegah timbulnya minyak  berlebih.  

Enzim Papain

Enzim ini merupakan kandungan khas yang ada di pepaya. Kemampuannya dapat memecah protein, mengangkat sel-sel kulit mati, dan meremajakan kulit. Struktur kulit yang rusak seperti bekas luka dan jerawat bisa kembali mulus karena ada regenerasi sel baru. Manfaat sabun pepaya untuk kulit akan menunjukkan perubahan apabila digunakan secara rutin. 

Cara Menggunakan Sabun Pepaya

Dalam urutan pemakaian skincare, sabun pembersih ada di tahap pertama. Ini dikarenakan kulit yang bersih dapat memaksimalkan penyerapan toner, serum, dan cream. Pastikan kulit Anda berada dalam kondisi bersih, gunakan sabun pepaya untuk mencuci wajah. 

Bila perlu, lakukan double cleansing agar kulit wajah dibersihkan secara tuntas. Pemakaian tabir surya bersifat clogged pore, sehingga jika tidak dibersihkan dengan benar bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan. Namun penggunaan tabir surya tidak boleh dihilangkan dari rangkaian perawatan Anda. 

Untuk pemakaian di badan, gunakan sabun pepaya pada kulit yang sudah dibasahi. Busakan secara merata dan biarkan selama lima menit. Kandungan yang terkandung di dalamnya akan terserap oleh kulit, sehingga semua manfaatnya bisa didapat. 

Selanjutnya, bilas dengan air sampai bersih. Keringkan kulit dengan handuk sambil ditepuk-tepuk perlahan. Sabun pepaya bisa digunakan dua kali sehari, pagi dan malam. Sehingga Anda bisa menggunakannya sesering mungkin tanpa khawatir kulit kulit iritasi. 

Kegunaan Sabun Pepaya

Berkat kandungan vitamin c di dalamnya, sabun pepaya bisa mencerahkan kulit. Untuk Anda yang sudah bosan dengan wajah kusam maka bisa menggunakan sabun pepaya sebagai pembersih. Penggunaan secara rutin tak hanya mencerahkan kulit kusam, tapi juga menyamarkan noda-noda gelap yang mengganggu. 

Selain itu, sabun pepaya mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Setelah menggunakan sabun pepaya kulit tidak kekeringan, karena vitamin E dapat melembabkan kulit serta melindungi dari ancaman radikal bebas. Saat ini polusi menjadi musuh bagi kulit. 

Manfaat sabun pepaya untuk kulit yang terakhir yaitu dapat mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel. Penumpukan sel kulit mati inilah yang menyebabkan wajah terlihat kusam, sehingga perlu dilakukan eksfoliasi. Meski bersifat eksfoliasi namun sabun pepaya tidak tergolong keras, sehingga aman digunakan setiap hari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.