Memilih Serum Wajah Sesuai Jenis Kulit, Cek Kandungannya!

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini tips memilih serum wajah sesuai jenis kulit dan kandungan apa saja yang ada dalamnya. Untuk tiap jenis kulit, serum memiliki kandungan yang berbeda-beda tergantung kebutuhannya.

Salah satu dari rangkaian perawatan kulit wajah yang perannya juga penting adalah serum. Serum adalah suatu bentuk produk kosmetik ataupun skincare yang berupa cairan yang ditambahkan dengan bahan aktif tertentu.

Bacaan Lainnya

Serum wajah memiliki tekstur yang lebih ringan dari moisturizer dan memiliki banyak fungsi seperti mencerahkan kulit, menghaluskan kulit, memudarkan flek hitam pada wajah dan juga untuk melembabkan. Selain itu serum bekerja lebih jauh ke dalam kulit.

Kulit Kering

Kandungan yang terdapat dalam serum untuk kulit kering pastinya harus ada pelembab untuk menghidrasi kulit. Untuk tipe kulit kering, serum dengan Hyaluronic Acid sangat bagus karena dapat menahan kandungan air dalam kulit.

Selain itu, jenis kulit kering membutuhkan serum wajah dengan komposisi glycerin yang berfungsi untuk menghidrasi kulit, patenol sebagai pelembab dan niacinemaid untuk meredakan iritasi pada kulit.

Bahan alami seperti argan oil, lidah buaya, dan mentimun juga bagus untuk melembabkan kulit kering dan membuat kulit menjadi glowing. Serta kandungan amino- peptide juga B3 complex bagus untuk melindungi kulit kering yang rentan dan lebih cepat terhadap penuaan dini.

Kulit Sensitif

Bagi yang mudah kemerahan dan gatal bila terkena rangsangan dari luar membuat kita ini harus jeli memilih serum wajah sesuai jenis kulit dengan kandungan yang cocok. Kandungan pada serum yang cocok untuk kulit sensitif, antara lain cermide yang berfungsi menahan serta menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit dari kekeringan.

Dan juga Alpha lipoic Acid (ALA). ALA memiliki anti oksidan tinggi serta dapat mengembalikan penampilan kulit, meregenerasikan kulit, dan meningkatkan tekstur dan warna kulit. Untuk kandungan ALA, cukup dipakai 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Selain itu kulit sensitif membutuhkan kandungan niacinemaid untuk mengurangi iritasi pada kulit.

Kulit Berminyak

Pori-pori yang besar yang merangsang produksi minyak berlebih pada kulit berminyak maka dari itu Serum dengan kandungan niacinemaid dan vitamin c jadi pilihan untuk tipe kulit berminyak.

Vitamin c dapat mengecilkan pori-pori, menghilangkan kusam pada wajah, mencerahkan dan mencegah munculnya jerawat pada wajah.

Bisa juga menggunakan serum dengan kandungan alami seperti tea tree yang dapat menenangkan wajah. Kandungan anti septiknya membantu menghilangkan jerawat pada wajah yang selalu menjadi masalah pada kulit berminyak.

Ada pula kandungan salicylic acid yang mampu mengurangi produksi minyak berlebih.

Nah, itu tadi kandungan pada serum wajah sesuai jenis kulit. Anda dapat memasukkan serum sebagai skincare rutin anda atau anda dapat mengunakannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Pada kandungan seperti ALA (Alpha Lipoic Acid) tidak dapat digunakan pada siang hari karena tidak dapat terkena paparan sinar matahari langsung dan pada konstrasi tinggi ALA tidak dapat digunakan setiap hari karena justru akan merusak kulit.

Selain itu serum dengan vitamin C tidak dapat dicampur dengan skincare yang terdapat kandungan AHA dan BHA di dalamnya. Karena akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Serum akan bekerja maksimal jika menggunakannya sesuai dengan jenis kulit anda dan juga cara menggunakan yang benar. Mencuci muka dengan benar, lakukan double cleansing secara rutin dan gunakan moisturizer juga sunscreen dengan benar dan rutin akan membuat kerja serum akan lebih maksimal.

Hal lain yang juga penting untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu makan-makanan yang tinggi vitamin dan mineral juga mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya membantu menjaga kelembaban kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.