Menghilangkan Bekas Jerawat, Gunakan Bahan Alami

Lifestyle, SAKATA.ID: Banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat agar wajah mulus. Baik dengan menggunakan skincare yang khusus untuk jerawat dan bekasnya, atau dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemui. 

Menyembuhkan jerawat tidak selesai hanya ketika jerawat itu hilang. Tapi selanjutnya ada masalah baru yang perlu diselesaikan, yaitu bekasnya. Bekas jerawat bila tidak dirawat akan menimbulkan masalah lagi yaitu flek pada kulit. Hal ini tentunya sangat mengganggu dan tak jarang membuat kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang. 

Bacaan Lainnya

Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Coconut Oil

Selain bermanfaat untuk makanan, minyak kelapa murni juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan wajah. Mengandung antioksidan, vitamin E dan K yang mampu memperbaiki kondisi kulit, menghilangkan kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Minyak kelapa juga ampuh untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat.

Caranya dengan menuangkan 1 sendok makan minyak kelapa pada telapak tangan yang bersih, lalu aplikasikan pada wajah yang berjerawat dengan sedikit menepuk-nepuknya. Gunakan semalaman sebagai sleeping mask. Setelah bangun tidur, bilas wajah menggunakan air hangat. Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Green Tea

Gunakan green tea powder (bubuk) yang murni tanpa tambahan gula. Kandungan green tea baik untuk menenangkan kulit yang meradang dan ampuh menghilangkan jamur dan bakteri penyebab jerawat.

Caranya dengan mencampurkan 3 sendok makan bubuk green tea dengan 1 sendok makan air, lalu aduk hingga tercampur dan membentuk pasta. Lalu sapukan pada wajah dengan kuas seperti menggunakan masker. Tunggu sampai mengering atau kurang lebih 30 menit. Gunakan 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Kunyit

Bahan aktif curcumin dalam kunyit bagus sekali untuk kulit dan tinggi antioksidan yang mampu meregenerasi kulit lebih cepat juga dapat mengontrol produksi melanin serta menghilangkan bekas jerawat.

Caranya dengan menjadikan masker wajah. Campurkan secukupnya bubuk kunyit dengan 2 sendok teh air hangat, lalu aduk hingga tercampur dan membentuk pasta. Aplikasikan pada seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Gunakan 2 kali dalam seminggu.

Oatmeal

Bahan aktif saponin dalam oatmeal baik untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada kulit juga bisa memperbaiki jaring kulit yang rusak. Selain itu oatmeal dapat melembabkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Campurkan secukupnya oatmeal dengan air hangat dan aduk sampai tercampur rata. Lalu gunakan sebagai masker kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat. Pakai 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Aloe Vera

Kandungan vitamin, nutrisi dan antioksidan dalam lidah buaya bagus untuk menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan iritasi dan radang yang disebabkan oleh jerawat. 

Gunakan gel lidah buaya sebagai rangkaian skincare pada pagi dan juga malam hari. Aplikasikan pada wajah secara merata dan gunakan secara rutin setiap hari.

Itulah lima bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Selain itu bersihkan wajah dengan benar secara rutin, sehari 2 kali juga penting untuk membersihkan kotoran, debu dan minyak yang menempel di wajah yang memicu timbulnya jerawat. 

Dan hindari memegang wajah dengan tangan. Perhatikan rangkaian skincare yang dipakai saat wajah sedang berjerawat. Juga pemakaian sunscreen penting untuk memaksimalkan penggunaan skincare. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.