Metode Konmari, Cara Merapikan dengan Ringkas

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai menerapkan metode konmari. Berbenah dengan menerapkan metode ini menjadikan rumah lebih minimalis. 

Merapikan rumah dan isinya adalah pekerjaan yang melelahkan namun bila dikerjakan dengan senang hati akan terasa mudah dan hasilnya ruangan akan terlihat rapi begitu juga dengan perabot dan barang-barang lainnya. Akhir-akhir ini ada metode yang terkenal, yaitu konmari. 

Bacaan Lainnya

Metode konmari adalah metode/cara berbenah rumah yang dikenalkan oleh wanita asal Jepang, Marie Kondo. Dan karena metode ini, Marie Kondo menjadi konsultan yang terkenal yang membantu klien-kliennya menyulap hunian mereka menjadi lebih nyaman. Ia juga mengeluarkan buku berisikan metode berbenahnya dengan judul “The life-changing magic of tidying up” yang mencapai 5 juta kopi di seluruh dunia.

Tentukan Kualitas Bukan Kuantitas

Pertama siapkan kardus besar lalu mulai keluarkan pakaian dan barang-barang anda dari setiap lemari dan laci. Akan terlihat betapa banyak barang yang sebenarnya sudah tidak terpakai tapi masih disimpan. Lalu pisahkan pakaian yang masih Anda pakai dengan yang tidak dipakai. Ingat, dalam metode konmari utamakan kualitas bukan kuantitas!

Kategorikan Per Jenis Benda

Kategorikan baju dengan baju lainnya, begitu juga dengan buku. Untuk barang yang lain kelompokkan menjadi 3 kategori barang. Barang yang masih ingin disimpan, barang yang masih ingin dipikir-pikir (pertimbangkan) untuk disimpan, dan barang yang ingin dibuang/donasikan.

Pasti Anda memiliki barang yang bernilai histori/ kenangan bagi Anda. Anda bisa mempertimbangkan untuk menyimpannya maksimal selama 3 bulan. Setelah itu Anda harus memutuskan untuk tetap menyimpannya atau membuangnya.

Letakkan barang masih dipakai di tempat khusus dan mudah dicari

Hal ini penting dilakukan selain untuk memudahkan saat mencarinya juga menghindari barang-barang berantakan. Perlu diingat untuk selalu meletakkan kembali barang yang sudah dipakai ke tempatnya semula.

Jangan lagi membeli barang yang tidak diperlukan 

Jika sudah memilah-milah barang dan barang yang dimiliki menjadi sedikit, maka ini saatnya memulai hidup minimalis. Bisa dimulai dengan menghilangkan kebiasaan membeli yang tidak perlu atau membeli dalam jumlah yang berlebihan. 

Pertimbangkan saat akan membeli barang, apakah sangat memerlukannya, apakah akan baik-baik saja tanpa barang ini, apakah bisa hidup tanpa barang ini. Pertimbangan-pertimbangan seperti itu akan membuat Anda terhindar untuk membeli barang yang tidak perlu.

Mulai Ubah Budgeting Barang Anda

Setelah semua langkah sudah anda terapkan, anda dapat mengurangi pengeluaran anda setiap bulan dan barang-barang yang akan anda beli. Anda akan mendapati bahwa cara ini membuat anda lebih hemat.

Demikian 5 langkah memulai hidup minimalis ala metode konmari yang dapat implementasikan. Lakukan kegiatan yang bermanfaat selagi di rumah saja. Juga yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan disiplin. Rumah yang bersih akan memberikan kualitas hidup yang lebih baik. 

Juga disiplin terhadap barang-barang yang dipakai untuk diletakkan kembali pada tempatnya itu penting agar lemari dan laci serta isinya yang sudah dirapikan tidak kembali berantakan. Hunian bersih dan rapi walaupun kecil akan membuat penghuninya nyaman berada di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.