Obat Kanker Bisa dengan Daun Sirsak, Benarkah ?

SAKATA.ID : Banyak sekali tulisan beberapa situs yang mengulas manfaat daun Sirsak bisa jadikan obat segala macam penyakit, termasuk obat kanker.

Spesialis Gizi Khusus, dr. Johanes Casay Chandrawinata, MND, SpGK, dalam chanal Youtube LifestyleOne, masyarakat harus berhati-hati pada penggunaan obat herbal yang belum teruji. Karena ketika kelebihan konsumsi bisa mengakibatkan munculnya penyakit lain, atau resiko efek samping yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya

BACA JUGA : 4 Tanaman Obat yang Sering Dijadikan Bumbu

dr. Johanes mengatakan, pengujian lab terhadap zat di dalam daun Sirsak, baru menyimpulkan pada kemampuan menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan bisa membunuh sel kanker.

Memang banyak sekali yang menyebutkan manfaat daun Sirsak termasuk buahnya. Bahkan di Indonesia ini seperti resep turun menurun dari orangtua.

“Namun saya ingatkan jangan berlebihan. Untuk penyakit lain, secara penelitian khasiat daun Sirsak belum teruji,” kata Johanes.

Kenapa daun Sirsak bisa jadi obat kanker, bisa membunuh sel kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus?, karena kata Johanes, daunnya mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Sirsak atau disebut juga Annona Muricata L, memiliki senyawa bioatif yang disebut acetogenin. Acetogenin inilah yang mampu menghambat perkembangan kanker dan bahkan membunuhnya.

Bagaimana cara memanfaatkan daun sirsak untuk pengobatan kanker?. Daun sirsak beberapa lembar dihancrkan lalu dijemur selama tiga hari, lalu diseduh dengan air panas dan disaring, bubuknya diminum.

“Perlu diperhatikan minum ekstrak daun sirsak dianjurkan tidak pada saat perut kosong, harus diminum setelah makan,” kata dr. Johanes.(S-02)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.