Pelatihan Fotografi Produk UMKM, Siasat Marketing di Medsos

Pelatihan Fortografi Produk UMKM
Pelatihan Fortografi Produk UMKM

SAKATA.ID, KEDIRI : Pengelola Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibekali cara memotret produk mereka. Mereka mendapat ilmu teknik fotografi dalam pelatihan fotografi produk UMKM.

Pelatihan fotografi ini diselenggarakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindagin) Kota Kediri, Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Kepala Disperindagin Kota Kediri Nur Muhyar mengatakan kegiatan tersebut melibatkan mentor dari kalangan fotografer profesional, Adhi Kusumo.

BACA JUGA : Pasar Digital Harus Dikuasai UMKM, Sudah Waktunya !

Adhikusumo adalah fotografer lulusan New York Institute of Photography. Dia dipandang berpengalaman dan memilik basik pendidikan yang sejalur.

Tidak hanya itu, komunitas fotografer lokal di Kediri juga dilibatkan sebagai relawan utunk membantu isntruktur pada workhsop tersebut.

Untuk memastikan efektivitas penyampaian materi, Disperdagin Kota Kediri juga berkoloborasi dengan komunitas fotografi lokal, Kelas Pagi Kediri, yang mengirimkan beberapa anggotanya sebagai volunteer (sukarelawan) untuk membantu instruktur dalam workshop tersebut.

“Kami telah menyiapkan serangkaian workshop dengan materi yang beragam, seperti foto produk, konten video, social media marketing, marketplace marketing, hingga materi tingkat lanjut semacam optimasi mesin pencari (SEO),” katanya Rabu, (15/07/2020).

Pemanfaat jejaring sosial dalam promosi prduk di zaman digital ini sangat penting. Gambar-gambar menarik inilah, yang dibutuhkan sebagai salah satu trik memikat calon pembeli.

Untuk mendorong penetrasi produk lokal di marketplace, pihaknya juga telah komunikasi dengan beberapa vendor jual beli daring besar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee.

“Kami sedang menjajaki untuk kolaborasi lebih lanjut,” ujar dia.

Dalam acara tersebut, diikuti 20 orang pemilik UMKM di Kota Kediri. Jumlah peserta juga tidak terlalu banyak, sehingga penerapan jaga jarak juga bisa lebih optimal.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UMTM Kota Kediri juga telah mengadakan seminar daring dengan melibatkan UMKM untuk mendongkrak pemasaran. Mereka juga memberikan bantuan berupa memfotokan produk jualan sehingga hasil foto menjadi lebih menarik.

Memang tidak semua pelaku usaha memiliki skill membuat foro yang menarik dalam mempromosikan produk mereka. Sementara banyak yang memenfaatkan media sosial dengan menampilkan foto-foto produk. UMKM di Kota Kediri berjumlah puluhan ribu dengan jenis usaha yang beragam. (S-02)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.