Penyebab dan Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Lifestyle, SAKATA.ID: Seringkali kaki di bagian tumit mengalami pecah-pecah, kondisi seperti itu bisa dialami siapa saja. Dengan mengetahui penyebab kondisi itu, akan membantu mengatasi dan mengobatinya.

Maka, keadaan tumit kaki yang mengalami itu akan mudah diobati tidak semakin parah.

Bacaan Lainnya

Tumit pecah-pecah membuat jadi tidak enak dipandang, selain itu akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman bahkan menyakitkan.

Biasanya, penyebab kaki pecah-pecah adalah kondisi kulit yang kering kemudian terjadi penebalan.

Kemudain, terjadi tejanan setta gesekan yang terus-menerus. Akibatnya kulit menjadi retak dab terjadilah pecah-pecah.

  1. Kulit kering
    Umumnya, penyebab kaki pecah-pecah yang adalah kondisi kulit kering. Lantaran jumlah kelenjar keringat pada kaki terlalu sedikit. Hingga akhirnya kulit kehilangan elastisitas dan lebih rentan pecah.
  2. Terlalu lama terkena air
    Penyebab tumit pecah-pecah yang paling sering adalah kaki yang seting terkena air. Atau berada di dalan kondisi lembap yang terlalu lama.

Hal itu bisa menyebabkan tumit kaki menjadi pecah-pecah. Kondisi yang rentan terkena air misalnya ketika mencuci pakaian. Maka, sebisa mungkin kenakan alas kaki yang anti-air.

  1. Kaki berkeringat, lembap
    Kondisi yang bisa membuat tumit pecah-pecah adalah keringat. Seringkali, menggunakan sepatu rapat dan tertutup. Ini membuat keringat di sekitar area kaki tidak menguap.

Apabila kondisi ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan membuat kondisi kulit di telapak kaki menjadi lembap.

Tentunya, kondisi lembap dapat memicu perkembangan kalus atau kapalan pada kaki. Ketika kaki kapalan, kulit akan menebal. Ini bisa mengakibatkan kulit pecah-pecah.

  1. Sering Mandi Air Panas
    Air panas bisa mengikis kelembapan kulit. Termasuk pada tumit. Terlalu sering mandi menggunakan air panas, termasuk untuk merendam kaki, ini berakibat tidak baik.

Lantaran bisa membuat kering tumit, pun bisa membuat pecah-pecah.

Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

  1. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun mampu mengatasi kulit kaki yang oecah-pecah. Minyak ini mampu memberikan kelembapan yang sangat dibutuhkan oleh kulit kaki.

Selain itu, minyak juga dapat menyerap lebih cepat ke dalam kulit.

Kemudian banyak lagi jenis minyak alami yang dapat digunakan antara lain minyak argan, minyak jojoba, atau minyak alpukat.

Minyak mengadung vitamin E yang bisa membantu melembapkan kulit kering dan mengatasi kaki pecah-pecah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.