Rawat Mobil Anda yang Sudah Lama Parkir di Garasi, Ini Caranya

rawat mobil

SAKATA.ID : Rawat mobil kamu yang sudah lama parkir di garasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jika tidak kebayang banyak karat di bagian mobil kamu yang bikin kamu gak pede memakainya ke luar.

Mobil yang terlalu lama terpakir biasanya kaca sudah dipenuhi debu. Bahkan beberapa bagian bodi akan nampak beberapa goresan, apalagi mobilnya berumur, itu bisa nampak karat wlaupun tidak begitu muncul.

Bacaan Lainnya

“Ini harus dibersihkan dengan teknik-teknik khusus perawatan, sehingga begitu mobil dipakai keluar menambah kepercayaan penggunanya,” kata Section Head Used Car & Body Paint Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Herli Barlian dalam keterangan resminya, Rabu (24/06/2020).

Berikut Kiat  Rawat Mobil dengan tiga cara menurut Suzuki:

1. Menghilangkan Goresan

Sekalipun pengemudi merasa sudah sangat hati-hati, kadang tidak sadae kalau goresan pada bodi selalu saja terjadi. Nah kalau sudah begitu, langkah pertama mobil harus dicuci dulu. Tapi tempatnya aman dari terik matahari.

Setelah dicuci, gosok-gosok bagian bodi mobil yang tergores pakai kain husus berbahan micro fiber  dengan compound. Gosoknya secara melingkar sampai goresan lenyap.

Sempurnakan hasilnya dengan menggunakan wax.

2. Mencegah Karat

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi karat pada mobil, adalah dengan menghindari parkir terlalu lama di tempat lembap, segera cuci terutama bagian bawah mobil jika terkena hujan, periksa karet atau list penahan air di kaca pintu dan segera ganti jika karet sudah bocor atau tidak lentur, serta segera bersihkan plat dengan bensin supaya tidak timbul karat jika ada goresan dalam atau cat mengelupas sampai plat bodi.

3. Cegah Kaca dari Jamur

Kaca mobil jangan disepelekan, karena ini salah satu komponen kenyamanan pengedara dan keamanan berkendara.

Pastikan pandangan tidak terganggu dengan banyaknya jamur pada kaca mobil.

BACA JUGA : Selama Masa Pandemi, Limbah Medis Indonesia Mencapai Ribuan Ton

Jangan biarkan bercak air menempel dan kering dengan sendirinya pada kendaraan.

Selain itu, lakukan pembilasan dengan air bersih jika mobil terkena air hujan atau air kotor. Jika kaca mobil terlanjur berjamur, lap kaca menggunakan alkohol dan gosok dengan kapas, ulangi proses tersebut hingga kaca mobil Anda benar-benar bersih dari jamur. (S-02)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.