Tempat Wisata Baru Ciamis, Ranca Asih Bikin Betah Pengunjungnya

Tempat Wisata Baru Ciamis Ranca Asih Rajadesa
Rawa di Ranca Asih memiliki panorama yang indah, sebagai tempat wisata baru di Ciamis.

SAKATA.ID:- Tempat wisata baru Ciamis bertambah, kali ini 20 hektar lebih lahan tidur di Desa Sirnajaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis Jawa Barat, disulap menjadi objek wisata baru dengan nama Ranca Asih.

Sebelumnya lahan tidur itu kerap banjir. Sekarang, sudah berubah menjadi wisata air dengan penataan yang memanjakan mata. Anda akan berasa di sebuah danau kecil.

Bacaan Lainnya

Tempat Wisata Baru di Ciamis, Ranca Asih Rajadesa

Rawa yang ada di Ranca Asih menjadi bagian yang disatupadukan dengan konsep wisata di sana. Wisatawan bisa menjelajah rawa dengan menggunakan perahu Angsa . Di pinggirnya ada dermaga kecil terbuat dari bambu.

BACA JUGA : 4 Wisata Air Terjun Eksotik di Ciamis

Lahan di tempat wisata baru Ciamis ini masih dalam pengembangan pengelola. Ada beberapa spot kosong yang masih didominasi tanah merah. Namun itu menjadi bagian yang akan terus dikembangkan.

Tempat Wisata Baru Ciamis Ini Dibangun Oleh Dana Pribadi

Pengelola wisata Ranca Asih Ato Sriyanto mengatakan, dia merogoh kocek sendiri menyulap lahan tidur menjadi wana wisata.

Dia melihat ada banyak potensi yang bisa dikembangkan. Dia berharap Ranca Asih menjadi andalan tempat wisata baru Ciamis.

“Dulu di sini banyak rumput liar dan tanaman berduri. Gak ada yang melirik. Sekarang sudah rubah total,” kata Ato, Senin (20/7/2020).

Ato mencoba spekulasi, dengan uang tabungannya, dia membeli lahan itu. Lalu dikembangkan ditata menjadi salah satu arena yang asik untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus beramain.

Pemandangan alam perdesaan menunjang. Rawa dikonsep menjadi wisata air dan arena pemancingan. Wisatawan yang hobi memancing, bisa menjajal sensasi strike di rawa itu.

“Memang masih banyak yang harus kami tata, tapi alhamdulillah baru permulaan saja, sudah banyak yang berkunjung,” kata Ato.

Bukan hanya itu, sebagai sarana basah-basahan untuk anak-anak. Di sana juga tersedia kolam renang dengan konsep bermain anak-anak.

Sebagai saran penunjang wisata, Ato sedang merencanakan pembangunan fasilitas penginapan. Bagi wisatawan luar kota bisa menginap di lokasi Ranca Asih dengan view yang indah.

Sentuhan tradisi tidak dilepas. Pengelola juga menyediakan nasi liwet. Bagi pengunjung bisa memesan nasi liwet ke pengelola.(HM/S-02)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.