Tips Menata Isi Kulkas, Lebih Rapi & Tertata

Lifestyle, SAKATA.ID: Tips menata isi kulkas agar lebih rapi dan tertata dengan baik. Lemari es atau lemari pendingin bukan lagi barang elektronik mewah karena di setiap rumah memilikinya. Tidak hanya sebagai pendingin saja, kulkas juga dipakai untuk menyimpan makanan dan bahan makanan mentah.

Oleh karena itu menata isi lemari pendingin dengan tepat sangat penting untuk memastikan kualitas bahan makanan yang masuk ke dalamnya. Berikut ini beberapa tips menata isi kulkas agar kualitas makanan terjaga dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Bacaan Lainnya

Sediakan Wadah Khusus

Menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan bahan makanan sangat perlu untuk menghidari bahan makanan terkontaminasi oleh bahan makanan yang lain. Selain itu akan membuat lemari pendingin Anda menjadi lebih rapi dan memudahkan untuk diambil saat akan memasak.

Anda dapat menyiapkan kotak/food container dengan beberapa ukuran untuk menata isi kulkas. Misalnya, Anda memerlukan food container dengan ukuran lebih besar untuk menyimpan jagung dibandingkan untuk meyimpan camilan seperti coklat.

Simpan per Jenis

Tips menata isi kulkas kedua yang juga tak kalah penting setelah Anda menyiapkan wadah/ food container adalah menyimpan bahan makanan sesuai jenisnya. Menempatkan tomat saja pada satu wadah, telur dengan telur, buncis dengan buncis, begitu seterusnya dengan yang lain.

Cara Penyimpanan

Yang perlu Anda perhatikan juga adalah perlakuan sebelum akan menyimpan bahan makanan anda di lemari es. Untuk sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi caisim anda tidak perlu mencucinya dulu jika anda akan menyimpan dalam jangka waktu lebih dari 3 hari.

Anda hanya perlu mengambil daunnya saja dan meletakkan pada food container untuk menata isi kulkas. Untuk sayuran lain, cukup membuang ujungnya saja dan anda dapat menyimpannya tanpa perlu dicuci.

Sedangkan untuk daging dan ayam, Anda perlu mencucinya hingga bersih dengan air mengalir dan setelah itu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar, kemudian cuci lagi dan tiriskan sampai air yang ada terbuang semuanya.

Lalu pisahkan sesuai jenis dan juga porsi sekali masak. Tambahkan potongan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis pada daging dan ayam. Tutup rapat wadah penyimpanan tersebut lalu simpan dalam freezer kulkas anda.

Lakukan hal yang sama pada ikan dan makanan laut lainnya setelah membuang insang, isi perut dan kotoran yang ada pada daging ikan. Ketika menata isi kulkas, Anda juga dapat menyimpan cabai di dalam lemari pendingin Anda setelah memisahkan cabai dari tangkainya.

Tambahkan tisu dapur sebagai alas. Tisu dapur dapat menyerap air yang ada dalam wadah agar cabai tidak cepat busuk. Lakukan juga saat akan menyimpan sayuran.

Bahan Makanan yang Disimpan

Anda juga perlu tahu bahwa tidak semua makanan bisa disimpan dalam kulkas. Ada beberapa yang harus segera disimpan dalam lemari es ada juga yang tidak. Produk seperti susu, daging dan telur sebaiknya langsung disimpan ke dalam kulkas.

Tips menata isi kulkas, jangan pernah menyimpan telur pada rak telur yang ada di pintu kulkas. Perbedaan suhu secara ekstrim ketika membuka dan menutup pintu kulkas dapat merusak telur dan mempercepat pembusukan. Simpan pada rak kulkas yang suhunya stabil.

Ada beberapa produk yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, yaitu buah alpukat dan pisang karena akan merusak dan mempercepat pembusukan. Selain itu madu juga sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas, dan roti jika disimpan dalam kulkas akan membuat permukaan roti mengering.

Tata Letak

Letakkan sayuran berdaun di rak paling bawah pada lemari pendingin anda. Untuk daging, ikan, dan ayam sebaiknya simpan pada freezer. Beri sedikit jarak saat menyimpan bahan makanan dalam kulkas agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Lama Penyimpanan

Sayuran hijau yang disimpan dengan benar pada lemari pendingin akan bertahan hingga 3-5 hari. Produk keju dapat bertahan hingga 2-4 bulan jika dibungkus dengan alumunium foil dan disimpan dalam kulkas. Daging dan ikan dapat bertahan 3-4 bulan jika disimpan pada freezer lemari es 2 pintu. Telur yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan dapat bertahan hingga 4 minggu di lemari es.

Penyimpanan dan perlakuan sebelum menyimpan makanan dalam lemari es yang benar membuat bahan makanan terjaga kualitasnya. Sebaliknya jika salah, maka makanan akan cepat rusak dan busuk. Jadi perlu sekali untuk mengetahui cara yang benar dalam menyimpan makanan dalam kulkas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.