Tips Menata Ulang Dapur, Bikin Semangat Memasak

Lifestyle, SAKATA.ID: Berikut ini adalah tips menata ulang dapur untuk mendukung kegiatan ibu rumah tangga yaitu memasak. Dapur yang bersih dan cantik dapat menambah semangat untuk memasak serta dapat memunculkan ide kreasi baru dalam memasak.

Oleh karena itu beberapa bagian dari dapur perlulah mendapat sedikit sentuhan.

Bacaan Lainnya

Dinding

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam menata ulang dapur adalah dinding dapur. Pilih warna sesuai dengan keinginan. Untuk dinding bagian kompor dapat menambahkan wallpaper stiker anti minyak agar dapat dibersihkan setelah memasak.

Rak Bumbu

Tips menata ulang dapur dengan ukuran kecil, dapat memanfaatkan ruang kosong pada dinding untuk menggantung rak bumbu. Anda dapat membuat sendiri rak bumbu sederhana dari kayu triplek dengan dimensi 80x20x2 yang disangga dengan besi siku. Anda dapat menata toples bumbu-bumbu pada rak yang dibuat.

Toples Bumbu dan Label

Ketika menata ulang dapur, Anda perlu toples kecil untuk menyimpan bumbu seperti garam, kaldu bubuk, dan lain-lain. Toples dengan ukuran 200 mili cukup untuk membuat bumbu-bumbu dapur anda menjadi lebih rapi. Juga dengan menambahkan label nama bumbu pada setiap toples memudahkan saat memasak.

Memanfaatkan Kolong Dapur

Bagi yang tidak memiliki lemari kitchen set, Anda juga dapat memanfaatkan ruang di bawah meja kompor untuk menyimpan peralatan memasak atau peralatan yang lain. Anda dapat meletakkan rak serbaguna di dalamnya dan mulai menyusun barang-barang di sana.

Untuk panci, wajan dan lainnya Anda dapat menambahkan gantungan besi. Sedangkan untuk menggantung peralatan dapur di sana. Agar terlihat rapi dari luar, Anda dapat menutup kolong dapur dengan tirai/gorden seukuran kolong dapur.

Lemari Kitchen Set

Tata isi lemari kitchen set Anda masing-masing dengan satu macam barang. Misalnya saja di lemari pertama diisi dengan gelas kaca, hanya simpan gelas kaca pada lemari itu. Berikut dengan piring, sendok dan wadah lain.

Ini akan memudahkan Anda menemukan peralatan dapur dengan mudah. Agar lebih cantik, Anda dapat menata ulang dapur dengan menempelkan wallpaper sticker pada pintu lemari kitchen set sesuai dengan tema ruangan.

Menambahkan Keset Panjang (Karpet)

Keset bisa diletakan sepanjang lantai dekat meja dapur sampai ke bawah wastafel. Selain sebagai penahan cipratan air dan minyak di lantai, keset juga memberi kesan estetik. Ketika menata ulang dapur, pilihlah karpet dengan warna gelap agar tidak terlihat kotor walaupun sering digunakan.

Hiasan Dinding dan Penghijauan

Setelah semua tersusun rapi di tempatnya, menambahkan hiasan pada dinding dapur dapat mempercantik dinding. Dapat berupa poster bertuliskan kalimat positif seputar memasak atau berupa gambar peralatan dapur.

Selain itu, meletakan tanaman hijau di sudut ruangan dapat menjadikan dapur terlihat asri. Bisa juga dengan tanaman sintetis yang tidak memerlukan perawatan lebih.

Penerangan yang Cukup

Pastikan juga lampu yang ada di dapur Anda cukup terang bila dipakai memasak pada malam hari. Bisa juga menambahkan lampu LED dengan warna hangat selain lampu utama. ini juga memberikan kesan indah pada dapur.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menata ulang dapur. Namun yang terpenting adalah selalu menjaga kebersihan area dapur Anda. Meskipun sederhana, bila bersih akan memberi semangat untuk beraktifitas di dapur dan makanan yang dimasakpun lebih sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.