Urutan Pemakaian Skincare yang Benar, Jangan Keliru !

Urutan Pemakaian Skincare

LIFESTYLE, Kecantikan: Urutan pemakaian skincare perlu diketahui agar perawatan wajah memberi hasil yang maksimal. Setiap produk memiliki tugasnya masing-masing. Jika salah urutan, maka manfaat dari produk menjadi berkurang bahkan tidak ada.

Memakai skincare perlu dilakukan sesuai urutan, agar setiap produk memberi manfaat untuk kulit. Dengan melakukan perawatan wajah setiap hari, kulit akan menjadi lebih cerah, terawat, dan tidak kusam.

Bacaan Lainnya

Ketahui Urutan Pemakaian Skincare Berikut Ini

Skincare adalah produk perawatan kulit yang biasanya berfokus ke wajah. Anda perlu mengetahui jenis kulit untuk menemukan skincare yang tepat. Setelah menemukan produk yang cocok, selanjutnya belajar memahami urutan. Skincare yang baik harus terdiri dari satu rangkaian, tetapi tak ada salahnya mengkombinasikan beberapa produk dari macam-
macam brand.

Sabun Pembersih Wajah

Langkah pertama dalam urutan pemakaian skincare adalah membersihkan wajah. Kulit wajah yang bersih dari kotoran dan sisa-sisa make up dapat menyerap skincare lebih baik. Oleh karena itu, selalu gunakan sabun pembersih wajah dua kali sehari, pagi dan malam.

Sabun pembersih wajah yang tepat harus bisa mengangkat kotoran tanpa membuat kulit menjadi kaku atau kering. Beberapa orang menyukai efek kesat yang dirasakan setelah mencuci wajah dengan sabun. Namun tanpa disadari, kondisi kesat seperti ini justru membuat kulit semakin memburuk.

Contohnya bagi kulit berminyak. Efek kesat yang diberikan sabun membuat si pemilik kulit berminyak merasa puas dalam sesaat, tetapi kondisi ini menyebabkan dehidrasi, sehingga produksi minyak malah bertambah parah. Maka dari itu, gunakan sabun wajah yang aman. Jika sebuah sabun wajah memberi efek yang tidak nyaman, segera beralih ke merk lain.

Toner/Astringent/Lotion

Toner bisa disebut astringent atau lotion, tetapi fungsinya sama yaitu menyegarkan dan menyeimbangkan pH kulit. Ketika kulit sedang basah, maka ia berada dalam pH rendah.

Penggunaan toner dapat mengembalikan kulit ke pH normal.
Penggunaan toner dalam urutan pemakaian skincare dipakai setelah mencuci wajah.

Idealnya kita menggunakan toner sebagai air minum. Sama seperti tubuh kita yang mudah haus jika tidak diberi air mineral, kulit wajah juga sangat mungkin menjadi dehidrasi jika tidak diberi toner.

Toner dapat dipakai menggunakan kapas untuk mengangkat sel kulit mati, namun bisa juga menggunakan telapak tangan langsung sebagai hidrasi. Gunakan toner sesering mungkin, setelah berwudhu dan beribadah, pakai toner dengan telapak tangan atau semprot menggunakan botol spray.

Serum/Essence

Dalam urutan pemakaian skincare, serum atau essence digunakan setelah toner. Penggunaan serum sebenarnya bersifat opsional, hanya digunakan ketika kulit sudah berada dalam kondisi kritis atau darurat. Karenanya cara kerja serum hampir sama seperti obat.

Semisal kulit Anda memiliki masalah flek hitam membandel yang tak kunjung hilang, maka pertanda harus menggunakan serum. Dibanding produk skincare pada umumnya, serum mengandung konsentrat ingredient yang lebih tinggi. Sehingga cukup dengan satu tetes sudah bisa diratakan ke seluruh area wajah.

Cream Pelembab

Apakah kulit berminyak tidak butuh pelembab? Tidak benar. Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, dan cream pelembab yang tepat dapat mengontrol produksi minyak di wajah.

Selalu gunakan pelembab setelah serum. Jika tidak memiliki serum, setelah toner bisa langsung gunakan pelembab dalam urutan pemakaian skincare.
Pelembab diibaratkan seperti makanan bagi kulit. Cream apa pun yang kita oleskan ke wajah, maka kulit akan menyerap itu.

Menggunakan pelembab yang menutrisi, memperbaiki, dan merevitalisasi kulit sangat dianjurkan daripada ,memutihkan wajah secara instan.

Tabir Surya/Sun Protection

Dalam urutan pemakaian skincare, tabir surya digunakan pada tahap akhir. Jika tidak menggunakan tabir surya, kulit bisa terkena dampak buruk dari sinar matahari. Selain mengakibatkan kulit cepat kusam, sinar matahari juga membuat kulit cepat menua.

Gunakan tabir surya meski tidak keluar rumah di siang hari. Ingat bahwa sinar matahari bisa menembus jendela, apabila mengenai kulit, bisa saja menimbulkan keluhan bagi kulit cepat atau lambat.

Setelah mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar, selanjutnya Anda tinggal mempraktekkannya setiap hari. Telaten dalam mengaplikasikan produk ke wajah adalah kunci utama dalam merawat kulit.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.