Wajib Tahu ! Apa Itu Double Cleansing dan Manfaatnya

Apa Itu Double Cleansing

Lifestyle:- Bagi penggiat skincare pemula, pastinya belum begitu paham apa itu double cleansing. Membersihkan wajah dengan sabun saja ternyata tidak cukup! Kulit butuh pembersih tahap awal atau disebut first cleanser untuk meluruhkan make up, baru setelah itu masuk ke tahap berikutnya yaitu face wash.

Memilih jenis first cleanser juga ada tata caranya, karena terdiri dari bermacam-macam tekstur. Ada yang berbahan dasar air, susu, minyak, dan balm. Supaya tidak bingung, simak terus penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Double Cleansing, Pengertian dan Manfaatnya

Double Cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap. Dalam artikel sebelumnya telah disebutkan bahwa pemakaian tabir surya harus dilakukan setiap hari meskipun tidak keluar rumah. Karena tabir surya itu bersifat clogged pore alias menyumbat pori, maka rutinitas perawatan wajah di malam hari perlu dilakukan dua tahap.

Manfaat Double Cleansing

Alasan mengapa kita perlu memahami apa itu double cleansing tentu karena manfaatnya yang tidak bisa diabaikan. Tak hanya membuat wajah bersih dan terhindar dari jerawat, tapi struktur kulit dapat diperbaiki secara bersamaan. Melakukan double cleansing secara rutin membuat ukuran pori-pori yang besar menjadi tampak samar.

Selain itu, double cleansing juga dapat menghambat penuaan dini dan menjadikan awet muda. Usia kulit wajah ternyata bisa berbeda dengan usia kita sebenarnya, dan itu ditentukan dari pola hidup. Orang yang rajin membersihkan wajah secara tuntas sebelum tidur cenderung memiliki kulit wajah lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Setelah tahu apa itu double cleansing beserta manfaatnya bagi kulit wajah, kita perlu memilih jenis first cleanser yang akan dibahas pada poin berikutnya.

Cara Memilih Pembersih Pertama

Pembersih berbahan dasar air sedang populer belakangan ini, sebut saja micellar water. Dari luar tampak seperti air, tetapi sebenarnya micellar water mengandung minyak dengan partikel mikro yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dari wajah. Pembersih jenis ini banyak digandrungi karena praktis dan hanya butuh waktu singkat.

Tetapi, penggunaan micellar water sangat boros di kapas. Jangan heran kalau setelah melakukan double cleansing dengan micellar water, Anda harus membeli kapas dua kali lebih banyak dari sebelumnya. Kapas yang biasanya cuma dipakai toner, kini harus berbagi dengan micellar water.

Namun, ada solusinya. Anda bisa beralih ke reusable cotton pad untuk menghemat pengeluaran sekaligus meminimalisir sampah.

Pembersih kedua yang populer di kalangan orang Indonesia yang sudah mengerti apa itu double cleansing adalah produk berbahan dasar susu. Sering disebut milk cleanser dan telah tersedia dari brand kosmetik lokal. Pastikan permukaan tangan sudah dalam keadaan bersih sebelum memakai susu pembersih.

Idealnya susu pembersih dilakukan malam hari setelah selesai beraktifitas, atau sebelum tidur. Oleskan langsung ke seluruh wajah sambil dipijat-pijat perlahan, lalu hapus menggunakan kapas atau tisu, bisa juga langsung mencuci wajah dengan sabun.

Ketiga, pembersih berbahan dasar minyak. Bisa berupa minyak zaitun atau minyak kelapa. Pembersih berbahan dasar minyak inilah yang dipercaya dapat membuat kulit lebih muda, karena kandungan pada minyak tersebut dapat membersihkan sekaligus menutrisi kulit.

Beberapa orang beranggapan bahwa cleansing oil tidak cocok bagi kulit berminyak. Anggapan ini tidak benar, karena meskipun kulit kita memproduksi minyak, namun kelebihan minyak pada wajah tergolong sebagai minyak jahat. Sedangkan cleansing oil tergolong sebagai minyak yang baik untuk wajah.

Terakhir, cleansing balm. Meski namanya sepintas mirip balsam, tapi ketika dioleskan ke wajah maka tekstur akan berubah menjadi minyak. Kekurangannya, karena cleansing balm menggunakan kemasan pot sehingga ketika sering dibuka menjadi lebih besar potensi terkontaminasi bakteri.

Hal yang Jangan Dilupakan Saat Melakukan Double Cleansing

Gunakan spatula, atau setidaknya pastikan tangan telah dicuci sebelum melakukan double cleansing. Pilih jenis pembersih pertama yang paling sesuai dengan selera, karena setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Memahami apa itu double cleansing diperlukan terutama jika Anda sudah berada dalam tahap serius merawat kulit. Kenali jenis-jenis pembersih, jangan takut untuk melakukan trial and error. Jika dilakukan secara telaten, tindakan-tindakan sederhana akan memberi manfaat yang nyata bagi wajah.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.