Waspada, Pandangan Gelap Setelah Jongkok Lakukan Hal Ini

Lifestyle, SAKATA.ID: Banyak orang yang mengalami rasa pusing dan pandangan gelap atau blackout setelah duduk, jongkok, atau bangun tidur. Waspadalah, karena berakibat fatal lhoo.

Mengutip dari infodokter pada Kamis (4/11/2021), sebenarnya, keluhan kepala pusing setelah berdiri dapat disebabkan oleh beberapa hal. 

Bacaan Lainnya

Misalnya, adanya infeksi telinga dalam atau labyrinthitis. Kemudian bisa juga disebabkan oleh migrain, stres, atau rasa cemas yang berlebihan. 

Selain itu, pusing juga dapat disebabkan oleh kadar gula darah rendah atau hipoglikemia), pun karena tekanan darah rendah (hipotensi), dan dehidrasi. 

Namun, yang paling sering, penyebab pusing atau pandangan gelap setelah jongkok adalah hipotensi ortostatik.

Ini adalah kondisi dimana tekanan darah rendah yang dipengaruhi oleh posisi tubuh.

Setelah jongkok, kemudian berdiri secara tiba-tiba darah akan secara mendadak turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) akibat dari adanya gaya gravitasi.

Kondisi penurunan tekanan darah mendadak akibat perubahan posisi tubuh yang berubah secara cepat berakibat hipotensi ortostatik.

Ketika berdiri atau bangun tiba-tiba, aliran darah mengalir ke daerah kaki akibatnya aliran darah menuju otak otomatis berkurang drastis. 

Kemudian, bagaimana cara mencegah pusing atau penglihatan hitam setelah berdiri dari jongkok, atau setelah bangun?

Pertama, bangunlah secara perlahan. Jangan sampai melakukan gerakan dengan tiba-tiba. Kurangi gerakan yang membuat darah mengalir ke bawah (kaki) dengan cepat.

Karena, perubahan tekan darah mendadak merupakan salah satu faktor risiko terjadinya gejala pandangan gelap disertai pusing.

Kedua, kemiringan kepala saat tidur sekitar sebaiknya diatur. Yakni, 15-20 derajat atau 4-6 inci. 

Untuk mengurangi gejala hipotensi ortostatik juga harus melakukan cek tekanan darah anda secara berkala.

Lalu yang ketiga, mengkonsumsi garam dengan tertur, sekitar 10 g/hari secara hati-hati. Apabila berlebihan, maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Keempat, harus dipastikan konsumsi air yang cukup setiap harinya.

Lima, olahraga lah yang teratur. Diketahui, banya manfaat dari olahraga. Olahraga membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Sebaiknya berkonsulutasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti yang dikeluhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.