Manfaat Daun Bidara, Tak Hanya untuk Usir Jin

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Foto: tokopedia

Ragam, SAKATA.ID: Manfaat daun Bidara tidak hanya untuk hal mistis seperti mengusir jin dan makhluk halus lainnya yang tak kasat mata. Tanaman ini memiliki manfaat yang sangat baik juga untuk tubuh Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa daun bidara ini memiliki kandungan yang cukup kompleks. Terdapat air, vitamin c, protein, lemak, karbohidrat, gula, abu, kalsium, fosfor dan zat besi.

Bacaan Lainnya

Jadi apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah bidara bagi tubuh dan juga kesehatan. Simak manfaat-manfaat yang bisa dirasakan untuk tubuh Anda sebagai berikut ini.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda-beda. Namun, rata-rata orang sehat membutuhkan asupan 60-96 mg per hari dan maksimal 2.000 mg per hari. Vitamin C sendiri merupakan nutrisi yang mudah didapatkan, namun memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh.

Ketika Anda mendapatkan cukup vitamin C, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan tubuh akan mampu menangkal radikal bebas yang berpotensi mengakibatkan munculnya penyakit kardiovaskular. Vitamin C juga dapat mencegah penuaan dini dan merupakan vitamin krusial bagi ibu hamil.

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah bidara lainnya adalah menyehatkan saluran cerna, seperti menghindarkan Anda dari diare dan konstipasi. Konsumsi buah ini juga dapat memperbaiki nafsu makan sehingga dapat digunakan untuk diet penambah berat badan yang baik.

Mencegah anemia

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, buah bidara juga sering diambil sarinya kemudian diminum sebagai penambah stamina. Tonik dari buah ini juga dipercaya dapat menguatkan fungsi hati, bisa ‘mencuci darah’, dan mencegah anemia.

Menyehatkan saluran pernapasan

Potensi khasiat buah bidara lainnya adalah menyehatkan paru-paru sehingga menghindarkan Anda dari berbagai penyakit, seperti pengencer dahak saat Anda batuk, faringitis, dan bronkitis. Khasiat ini dipercaya datang dari kandungan saponin, triterpenoid, dan alkaloid yang terdapat dalam buah bidara.

Mengobati Kanker

Kandungan saponin, triterpenoid, dan alkaloid juga diyakini memiliki sifat antikanker. Meski demikian, khasiat buah bidara sebagai alternatif pengobatan bagi kanker pada manusia masih perlu diteliti lebih jauh.

Meringankan Depresi

Apabila kerap mengalami depresi, Anda bisa mengatasinya dengan daun bidara. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung di dalamnya mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh.

Anda bisa mengolahnya menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres.

Membantu meringankan Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Namun, ternyata diabetes bisa diatasi oleh daun bidara.

Tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula. Anda bisa mengkonsumsi teh daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Tumbuhan ini juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Jadi tak ada salahnya jika ingin terhindar dari berbagai macam penyakit dengan konsumsi daun Bidara ini. Karena manfaat daun bidara yang cukup banyak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *