Mitos dan Fakta Seputar ASI, Mana yang Benar?

Ragam, SAKATA.ID: Tidak semua orang bisa membedakan mitos dan fakta seputar ASI (Air Susu Ibu). Memiliki buah hati merupakan kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga. Salah satu kebahagiaan saat memiliki buah hati adalah menyusui.

Menyusui merupakan kegiatan yang tidak hanya untuk memberi makan bayi dengan ASI namun juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Bacaan Lainnya

Namun tak jarang saat menyusui, banyak sekali pantangan dan larangan serta aturan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat seputar menyusui.

Membedakan Mitos dan Fakta Seputar Menyusui

Memperkuat hubungan (bonding) antara ibu dan bayi, memperkuat imun bayi, membuat kontraksi pada rahim sehingga ukurannya kembali seperti awal dan masih banyak manfaatnya.

Makan cabai ASI pedas

Faktanya saat ibu menyusui mengonsumsi makanan yang pedas, zat capsaisin yang masuk ke dalam ASI bukan membuat ASI menjadi pedas. Tapi disarankan untuk tidak berlebihan makan makanan pedas.

Anak Kurus Karena ASI Pahit

Faktanya bayi yang mendapat cukup ASI akan mengalami kenaikan berat badan secara ideal setiap bulannya. Sedangkan apapun makanan yang dimakan ibu menyusui tidak akan mempengaruhi rasa ASI. 

Makan Harus Banyak Supaya ASI Juga Banyak

Yang benar adalah makan makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi nutrisi ibu dan bayi. Banyaknya ASI dipengaruhi oleh frekuensi menyusui. Semakin sering ibu menyusui bayinya, maka semakin banyak produksi ASI dalam payudara.

ASI Pagi Hari Harus Dibuang Karena Basi

Selama masih berada dalam payudara, ASI tetap segar dan baik untuk dikonsumsi bayi. ASI akan basi jika setelah diperah, ASI tidak disimpan dengan benar.5. Menyusui membuat payudara kendur

Faktanya bukan menyusui yang membuat payudara kendur. Faktor usia dan kehamilan yang membuat payudara mengendur.

Payudara dengan Puting Terbenam Tidak Dapat Menyusui

Faktanya, bayi menyusui bukan pada puting melainkan pada areola dengan perlekatan yang benar. Karena itu perlu sebelum melahirkan ibu belajar cara menyusui dan perlekatan yang benar.

Bayi Menangis Karena Lapar

Menangis adalah bahasa bayi. Bukan berarti bayi menangis karena lapar. Bisa jadi karena bayi merasa tidak nyaman, sakit atau popoknya perlu diganti.8. Payudara kanan untuk makanan berat, payudara kiri untuk minum

Pernyataan ini salah. Faktanya kedua payudara, kanan maupun kiri mempunyai kandungan yang sama yaitu fore-milk dan hind milk. Fore milk warnanya cenderung putih bening, berisi vitamin dan mineral. Sedangkan hind milk warnanya putih susu dan kental karena mengandung banyak lemak. Zat-zat yang ada dalam ASI sama di kedua payudara. 

Ibu Bekerja Tidak Dapat Memberikan ASI Eksklusif

Faktanya, ibu bekerja masih bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayi dengan menggunakan pompa ASI. Ibu dapat memerah ASI saat sedang bekerja dan menyimpannya dalam wadah khusus ASI perah lalu berikan pada bayi. Ketika sudah pulang, ibu dapat menyusui secara langsung.

ASI Saja Tidak Cukup Untuk Bayi

Bayi baru lahir sampai usia 6 bulan kebutuhan nutrisinya bisa dipenuhi oleh ASI. ASI memiliki kandungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori bayi. Bahkan ketika bayi mengalami fase growth spurt, produksi ASI tetap mencukupi kebutuhan bayi.

Demikian 10 mitos dan fakta seputar ASI dan menyusui. Perlu diingat bahwa ASI memiliki kandungan yang lebih baik dari cairan apapun. Hanya berikan ASI pada bayi usia 0 sampai 6 bulan. Hindari memberikan makanan padat atau cairan lain bagi bayi karena usus bayi belum dapat mencerna makanan padat. Untuk pemberian susu formula sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.