Pakai Masker Dobel, Proteksi Ganda saat Corona Mengganas

  • Whatsapp
Masker Dobel

Ragam, SAKATA.ID: Ketika kasus Covid-19 kian melonjak, banyak orang mulai mencari cara pakai masker dobel. Pada Kamis (24/6) lalu, kasus akibat infeksi virus corona di Indonesia menembus angka 20 ribu dalam sehari. Data ini menunjukkan bahwa penyebaran virus corona di negara kita semakin meresahkan. 

Menurut sejumlah pakar kesehatan, penggunaan masker ganda dapat dijadikan antisipasi penularan Covid-19. Lonjakan kasus penularan Covid-19 ini diduga memiliki kaitan dengan varian baru Corona yang disebut lebih berbahaya.

Bacaan Lainnya

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, dr Erlina Burhan mengatakan bahwa double masker lebih efektif menangkal virus daripada single masker. 

Double masker memberi perlindungan lebih tinggi dibanding single masker. Orang bisa terlindungi dari virus tanpa melihat varian,” ucapnya. 

Cara Pakai Masker Dobel

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan bahwa masker kain dapat menangkal partikel aerosol sebanyak 51,4 persen. Sedangkan masker medis bisa menangkal partikel sebanyak 56,1 persen. Gabungan masker kain dan masker medis dapat menangkal partikel 85,4 persen.

Namun, penggunaan masker ganda tidak perlu dilakukan setiap saat. Double masker dibutuhkan ketika seseorang berada di ruangan yang ramai, atau di wilayah dengan tingkat penularan tinggi. 

Masker Medis di Bagian Dalam

Penggunaan masker medis berfungsi sebagai filter untuk mencegah partikel terhirup. Jika ingin menggunakan proteksi ganda, mulailah dengan memakai masker medis di bagian dalam. 

Perlu diketahui bahwa masker medis sekali pakai dapat mencemari laut. Selain mengetahui cara pakai masker dobel, kita juga harus bertanggung jawab pada setiap sampah yang kita hasilkan, termasuk masker medis sekali pakai. 

Global Ecobrick Alliance menganjurkan agar masker medis sekali pakai dijadikan bahan pembuatan ecobrick. Berikut ini adalah panduan membuat ecobrick.

  • Cuci masker medis sekali pakai menggunakan air dan sabun atau sesuai pedoman cuci tangan WHO.
  • Keringkan masker yang sudah dicuci dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.
  • Setelah kering, cuci tangan dan potong masker medis menjadi beberapa bagian.
  • Masukkan potongan masker ke dalam botol plastik. 

Masker Kain di Bagian Luar

Penggunaan masker kain di bagian luar berfungsi sebagai lapisan tambahan. Dengan menggabungkan proteksi ganda, kita bisa mendapat perlindungan dari virus tanpa melihat varian. Masker kain juga dapat dicuci dan digunakan berulang.

Bagaimana membersihkan masker kain yang benar? Berikut ini langkah-langkahnya. 

  • Rendam masker di air panas bersuhu 50-60 derajat, beri deterjen, diamkan beberapa saat. 
  • Kucek masker hingga kotoran luruh. 
  • Bilas masker di bawah air mengalir hingga busa deterjen hilang.
  • Keringkan di bawah sinar matahari. 
  • Setrika dengan suhu sesuai bahan kain agar lebih rapi. 
  • Masker kain siap digunakan kembali. 

Menjaga Kesehatan dan Melestarikan Alam

Menerapkan cara pakai masker dobel adalah salah satu langkah penting untuk mencegah penularan kasus Covid-18 yang semakin tinggi. Akan tetapi, melestarikan alam juga tidak kalah pentingnya. Jika bisa melakukan keduanya, kenapa tidak?

Gunakan proteksi ganda untuk melindungi diri dari berbagai varian virus Corona, kemudian bertanggung jawab untuk mengelola masker medis sekali pakai. Membuang masker medis sekali pakai pada tempat khusus atau membuat ecobrick merupakan solusi untuk mengelola limbah sampah agar tidak memenuhi bumi. 

Lebih Baik Menghindari Kerumunan

Penggunaan proteksi ganda ini dilakukan ketika berada di ruangan dengan banyak orang, atau wilayah dengan tingkat penularan tinggi. Selama kita bisa menghindari ruangan yang ramai dan berada di wilayah dengan tingkat penularan rendah, tidak perlu memakai masker dobel. 

Saat ini, banyak perusahaan telah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kalaupun ada perusahaan yang masih mengharuskan pekerja datang ke lokasi, itu pun wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Pekerja yang telah di-PHK juga bisa mengasah keterampilan baru untuk bekerja di industri kreatif dan melakukannya dari rumah. 

Tak hanya pekerjaan, pendidikan pun dilakukan secara daring melalui berbagai aplikasi meeting online. Dengan kegiatan belajar di rumah, pelajar dan pengajar bisa tetap berinteraksi jarak jauh tanpa menggunakan masker.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *