Duta GenRe 2020 Indramayu, Syafiq Remaja yang Menginspirasi

Duta GenRe 2020 Indramayu
Best WInner Putera Duta GenRe 2020 Indramayu Muhammad Firas Syafiq, dan Best Sosial Media Duta GenRe Nanda Resty Fauzi, keduanya utusan dari SMAN 1 Anjatan Indramayu.

SOSOK, Sakata.id:- Melewati sejumlah penyaringan dan seleksi dengan 112 kontestan, seorang remaja yang menginspirasi (young inspiration) Muhammad Firas Syafiq akhirnya terpilih menjadi Best Winner Duta GenRe 2020 Indramayu kelas putera. Di kelas puteri terpilih Devana Navisah mahasiswi Institute Pertanian Bogor (IPB), pada Grand Final Duta GenRe Kabupaten Indramayu di Gedung Kesenian Mama Soegra Indramayu, Rabu (30/9/2020).

Kedua Duta GenRe 2020 Indramayu tersebut, Syafiq dan Devana selanjutnya akan kembali berjuang untuk pemilihan Duta GenRe di tingkat yang lebih tinggi dengan semangat juang dan dedikasi kepada Kabupaten Indramayu Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Terpilihnya Syafiq menjadi best winner tak hanya membuat orang tuanya Emi Munawaroh dan Asmuni bangga, tetapi juga sekolahnya SMA 1 Anjatan. Apalagi diketahui dominasi peserta pada pemilihan Duta GenRe Indramayu sudah duduk di bangku kuliah. Sedangkan Syafiq baru duduk di kelas XII SMA 1 Anjatan Indramayu.

Tergerak dari keadaan lingkungan yang dihadapkan oleh beragam permasalahan remaja, Syafiq yang aktif sebagai Wakil Ketua Komunitas Pemuda di Haurgeulis Indramayu, menaruh perhatian lebih terhadap kehidupan remaja. Dari situ dia memulai langkah dengan mengikuti ajang pemilihan Duta GenRe Kabutaen Indramayu tahun 2020.

Syafiq daftar bersama teman sekolahnya Nanda Resty Fauzi di kelas puteri. Kendati di kelas puteri Nanda tidak keluar sebagai best winner, namun dia berhasil merebut tropi kategori Best Sosial Media. Dua prestasi ini membuat citra SMA 1 Anjatan terangkat di ajang tersebut.

Tahapan yang dilauli Syafiq tidak mudah, ada 112 peserta yang diseleksi menjadi 10 putera dan 10 puteri untuk menjadi finalis. Kemudian dia harus mengikuti proses pra karantina selama tiga hari dan proses karantina selama empat hari. Pada saat karantina, dia berhadapan dengan tantangan yang menurutnya cukup sulit.

“Pada saat karntina saya harus belajar speech, network, dan subtansi GenRe itu sendiri, itu tahapan yang menurut saya paling sulit. Apalagi selama karantina sikap kita diawasi dan dinilai,” kata Syafiq, Kamis (1/10/2020).

Keberhasilan Syafiq terpilih menjadi Duta GenRe 2020 Indramayu menjadikan dia sebagai sosok remaja yang menginspirasi. Dia telah menorehkan prestasi di tengah persaingan peserta dengan usia dan tingkat pendidikan di atasnya.

Duta GenRe Figur Motivator

Duta GenRe adalah figur motivator remaja. Program GenRe dikembangkan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja dengan berbagai pemahaman pendewasaaan usia perkawinan.

Pendewasaan usia perkawinan ini didalamnya mencakup bagaimana remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Untuk menggencarkan sosialisasi dan keberhasilan program tersebut maka diperlukan figur motivator dari kalangan remaja melalui ajang pemilihan Duta GenRe. Mereka yang terpilih adalah pemuda unggul, berawawasan, berjiwa sosial, mampu berorganiasi dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di persaingan global.

Duta GenRe harus mampu bertemu dengan orang banyak di usianya dengan misi yang sama terhadap kehidupan remaja yang terencana. Duta GenRe juga memberi inspirasi positif dan menjadi konselor sebaya, hal ini karena seusia remaja cenderung lebih memilih bercerita permasalahan kehidupannya dengan teman sebaya.

Pemilihan Duta GenRe 2020 Indramayu diselenggarakan oleh Forum Pusat Informasi dan Konseling (ForPIK) remaja atau disebut juga Forum GenRe Kabupaten Indramayu dibawah binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Indramayu dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.