Deretan Presiden Indonesia yang Lahir di Bulan Juni

Presiden Indonesia
B.J. Habibie

SOSOK, SAKATA.ID : Ada tujuh orang yang pernah menjadi Presiden Indonesia. Dari ketujuh orang itu ternyata ada yang lahir di bulan Juni.

Boleh dibilang, Juni adalah bulan yang spesial.

Bacaan Lainnya

Selain ada Presiden Indonesia yang lahir di bulan Juni. Juga ada peristiwa sejarah yaitu pertamakali dilahirkannya Pancasila.

Soekarno

Presiden Indonesia yang lahir di bulan Juni seperti Soekarno, Presiden Indonesia yang mencetuskan Pancasila saat berpidato di sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), 1 Juni 1945.

Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Lalu, siapa lagi tokoh Indonesia yang lahir di Bulan Juni. Berikut daftarnya :

– Presiden RI kedua yaitu Soeharto. Jenderal Besar TNI (Purn) ini lahir di Kemusuk, Yogyakarta pada 8 Juni 1921. Soeharto merupakan presiden yang paling lama menjabat dari 1967 sampai 1998.

Presiden yang dijuluki sebagai The Smiling General (Sang Jenderal yang Tersenyum) ini meninggal di Jakarta pada 27 Januari 2008.

– Presiden RI ke-3 juga lahir di Bulan Juni. Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Parpare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936.

BJ Habibie terkenal dengan kecerdasannya. Ia pernah menjabat jadi Menteri Riset dan Teknologi sejak 1978 sampai Maret 1998.

Kemudian, Habibie menjadi Wakil Presiden yang menjabat mulai 14 Maret-21 Mei 1998. Setelah itu, dia di angkat sebagai Presiden Indonesia menggantikan Soeharto.

Karena kecemerlangannya, Habibie pernah ditawari untuk pindah kewarganegaraan ke Jerman. Tetapi dia menolak lantaran kecintaannya kepada tanah kelahirannya, Indonesia. Penolakan Habibie membuat warga Jerman terkejut. Meski begitu, Habibie tetap diberi kepercayaan oleh Jerman untuk memegang rahasia teknologi negara tersebut.

Dia meninggal dunia di Jakarta pada 11 September 2019 di umur 83 tahun.

– Lalu Joko Widodo atau yang akrab disebut Jokowi. Presiden ketujuh ini lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Dia terpilih dua periode menjadi presiden. Mulai menjabat Presiden RI 20 Oktober 2014.

Pada periode pertama berpasanagan dengan Muhammad Jusuf Kalla dan yang periode kedua terpilih bersama Ma’ruf amin dalam Pemilu Presiden 2019.

Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya, dia adalah Wali Kota Surakarta. (S-03)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.