Profil Komjen Ahmad Dofiri, Pimpinan Sidang KKEP Irjen Ferdy Sambo

Ahmad Dofiri
Komjen Ahmad Dofiri/Ist

Sosok, SAKATA.ID: Seorang perwira tinggi 3 bintang atau Komisaris Jenderal (Komjen) Ahmad Dofiri memimpin sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar untuk Irjen Ferdy Sambo.

Di Kepolisian Republik Indonesia (Polri), saat ini Dofiri menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam).

Bacaan Lainnya

Sidang KKEP terhadap Ferdy Sambo itu digelar di Markas besar (Mabes) Polri pada Kamis (25/8/2022) pukul 09.00 WIB. Gelaran sidang dilaksanakan secara tertutup.

Sejumlah anggota sidang KKEP Sambo mendampingi Dofiri, di antaranya Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto dan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Syahardiantono.

Selain itu, ada pula Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri Irjen Rudolf Alberth Rodja. Serta Gubernur Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisoan (PTIK) Irjen Yazid Fanani.

Bagi masyarakat dan jajaran kepolisian di Jawa Barat nama Ahmad Dofiri sudah tidak asing lagi. Lantaran dia pernah bertugas menjadi Kapolda Jawa Barat.

Ia menjabat Kapolda Jawa Barat mulai 16 November 2020 hingga 31 Oktober 2021. Ia juga terkenal tegas dalam menindak pelanggar saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021. 

Ketika itu, Ahmad Dofiri masih berpangkat Irjen, dia memimpin Polda Jawa Barat menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi.

Diketahui, Rudy dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Barat lantaran dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Berikut Profil Lengkap Komjen Ahmad Dofiri

Dofiri merupakan lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa di angkatannya di Akademi Polisi (Akpol) tahun 1989.

Jenderal bintang tiga ini lahir di Tegalurung, Balongan, Indramayu, Provinsi Jawa Barat pada 4 Juni 1967.

Dofiri berpengalaman di bidang sumber daya manusia (SDM) Polri dan pernah menjabat di beberapa posisi penting. Di antaranya Kapolda Banten, Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Kapolda Jawa Barat

Jabatannya saat ini, yaitu Kabaintelkam Polri dan ia ditunjuk untuk memimpin sidang etik atas kasus pembunuhan Brigadir Yosua atau Brigadir J oleh Irjen Ferdy Sambo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.