Sosok Tjahjo Kumolo, Senang Berburu Keris Sejak Mahasiswa

Sosok Tjahjo Kumolo
Sosok Almarhum Tjahjo Kumolo/dok. Prokopim Magelang

Sosok, SAKATA.ID: Sosok mendiang Menpan RB Tjahjo Kumolo ternyata dikenal sebagai orang yang senang berburu keris, dan itu sudah ia lakukan sejak massa menjadi mahasiswa.

Dikutip dari tayangan Liputan6 bahwa almarhum Tjahjo Kumolo kerap menggunakan waktunya untuk berburu keris dan benda-benda antik lain di sela menimba ilmu hukum di Universitas Diponegoro, pada pertengahan 1980-an silam.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tahun 2014 lalu itu, Tjahjo Kumolo mengungkapkan sosok dirinya yang sering mencari sendiri keris dan harta karun seperti batu dari Gunung Lawu.

Bahkan, ia mengangkut sendiri batu itu dengan menggunakan kereta api. Dia mengakui, pada sat itu terjadi ketika tahun 1985.

“Hobi yang kalau saya sering mencari sendiri itu keris. Termasuk harta karun. Ada batu yang cocok. Itu dari Gunung Lawu, saya angkut sendiri. Dengan kereta api,” kata dia.

Dalam sebuah catatan yang dituliskan CNN, disebutkan pula kalau di meja kerja Tjahjo Kumolo terpajang dua bilah keris. Salah satunya berukiran huruf Arab.

Dia mengakui, bila koleksi keris di kediamannya lebih banyak lagi. Jumlahnya pun hingga ratusan.

Seratus buah keris itu berasal dari Kerajaan Kediri, Singosari, Mataraman (Yogyakarta dan Solo), hingga Madura dan Bali. Ada keris pegangan raja, patih, dan para menteri. Hingga keris pegangan panglima perang pun dia koleksi. Serta banyak lagi.

Dia mengungkapkan, sebagian koleksi kerisnya itu merupakan pemberian dari orang lain. Bahkan, percaya atau tidak, ada keris yang ia koleksi hasil atau karena muncul begitu saja secara gaib.

Pada 4 Juni 2018 lalu, Tjahjo Kumolo pernah melaporkan keris komando bertakhta intan dari masa Majapahit di abad ke-14 ke KPK, sebelum keris itu resmi menjadi koleksi pribadinya.

Dalam sebuah catatan lain diceritakan bahwa bersama koleganya sesama kolektor, setiap 1 Suro dia biasa menggelar acara khusus untuk membersihkan keris.

Pria kelahiran Solo, 1 Desember 1957 itu juga mengatakan, banyak tempat keramat yang lazim ia kunjungi. Bahkan, dia mengungkapkan, ada tempat yang sering dia jadikan tempat bersemedi, yaitu makam para sunan (Wali Songo).

Sosok Tjahjo Kumolo juga ternyata keturunan atau masih trah-nya Sunan Kalijaga. Karena itu, dia paling sering melakukan semedi di makamSunan Kalijaga di daerah Kelurahan Kadilangu, Kabupaten Demak.

“Paling banyak (tempat yang dijadikan untuk bersemedi) ya di makam Sunan Kalijaga karena saya masih trahnya,” tutur dia lepada detikcom pada 8 Juni 2020 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.