5 Tanaman Obat yang Sering Dijadikan Bumbu Masak

Tanaman Obat

SAKATA.ID : Tanaman obat mungkin banyak kamu temukan di dapur, bnerupa rempah bumbu masak. Di sana akan ada rempah yang ternyata masuk pada kategori herbal.

Tanaman yang bagian, akar, daun, batang, atau buah bisa digunakan atau bermanfaat untuk pengobatan langsung, ramuan, atau bahan baku obat. Tanaman ini sering disebut sebagai herbal.

Bacaan Lainnya

Menurut Word Healt Organisation (WHO) medical plant adalah bahan murni atau asli dalam pembuatan obat yang digunakan untuk pengobatan.

BACA JUGA: Caviar, Makanan Para Bangsawan yang Kaya akan Gizi

Di Indonesia, tumbuhan baha baku obat herbal ini banyak dibudidayakan, bahkan menjadi budidaya tanaman pekarangan rumah.

Kementrian Pertanian mencatat ada 15 jenis tanaman yang biasa ditanam sebagai apotek hidup di Indonesia.

Berikut nama Tanaman Obat dan Khasiatnya :

1. Temu Lawak :

Ini tanaman yang dipercaya bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti perut kembung, lambung dan sebagainya. Temu Lawak juga sering dikonsumsi untuk mebambah nafsu makan. Di Indonesia Temu Lawak diproduksi sebagai minuman kemasan botol.

2. Kunyit

Pada Kunyit terkandung zat kurkumin. Khasiatnya sebagai antiradang, antioksidan, menurunkan kolesterol, gula darah, resiko jantung. Kunyit banyak digunakan sebagai bumbu dapur.

3. Jahe

Ini banyak diramu menjadi minuman tradisional yang menyehatkan. Khasiat Jahe antara lain, untuk rematik, nyeri sendi, vertigo, mual-mual, gatal tenggorokan, dan memperlancar pernafasan.

4. Kencur

manfaat Kencur diantaranya untuk menjaga stamina tubuh, memperlancar haid bagi wanita, flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala, dan radang lambung.

5. Lengkoas

mengandung Vitamin A, C dan zat besi, karbohidrat dan serat. Bermanfaat sebagai anti nyeri dan peradagangan, dapat mencegah infeksi.(S-02)**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.