Teknik Menggendong M-Shape, Apa Saja Manfaatnya

Ragam, SAKATA.ID: Teknik menggendong M-Shape sebenarnya adalah cara lama namun beberapa tahun belakangan ini menjadi tren karena beberapa artis menerapkan. Salah satunya Zaskia Adya Mecca, yang menggunakan cara ini bahkan sejak bayi baru lahir. Tak sedikit pro kontra yang datang dari orang awam yang belum mengerti tentang cara ini.

Teknik Menggendong M-Shape adalah cara menggendong bayi yang tetap mempertahankan posisi bayi pada posisi alaminya ketika berada dalam rahim ibu. Yaitu, posisi badan bayi membungkuk ke arah tubuh bayi membentuk huruf C.

Bacaan Lainnya

Posisi bayi dalam gendongan seperti bayi koala, wajahnya menghadap dada ibu, serta kaki bayi membentuk huruf M atau jika diperhatikan seperti bayi duduk mengangkang dengan posisi lutut lebih tinggi dari pantat.

Untuk bisa menggendong dengan posisi ini, Anda dapat menggunakan gendongan berjenis Soft Structure Carrier (SSC). Gendongan ini didesain khusus agar Anda dapat menggendong bayi dengan teknik M-Shape. Atau bagi Anda yang belum memiliki gendongan SSC, Anda dapat menggunakan kain selendang panjang dengan membuat simpul jangkar (slip knot) atau memadukan dengan ring khusus tanpa celah.

Menggendong bayi dengan teknik ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi bayi juga ibu. Berikut adalah ulasannya.

Membangun kedekatan emosional antara ibu dan anak

Posisi M-Shape dianggap paling aman, karena panggul bayi berada di dalam rongga panggulnya. Saat menggendong bayi dengan posisi yang tepat akan berpengaruh baik dalam pertumbuhan emosionalnya yang membuat bayi merasa lebih tenang berada di dekapan ibunya. 

Posisi ini juga paling disukai bayi karena ia bisa memeluk si ibu dan mempererat kedekatan emosional dengan anda. Selain itu bersandar pada dada ibu merupakan hal yang menyenangkan bagi bayi karena ia merasakan kehangatan tubuh ibu yang tak dapat tergantikan.

Menjaga kesehatan tulang anak

Posisi M-Shape terbilang cukup baik untuk perkembangan tulang bayi. Dengan membiasakan bayi digendong M-Shape memberikan manfaat untuk menjaga dan membantu kesehatan tulang belakangnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa posisi bayi dalam rahim melengkung membentuk huruf C, menggendong M-Shape akan membantu tulang belakangnya tumbuh alami dengan optimal dan terjaga.

Posisi M-Shape menjadikan cakram tulang belakang sebagai peredam, sehingga melindungi tulang belakang, otak, dan struktur tulang pada tubuh bayi dengan baik. Selain itu posisi menggendong M-Shape juga melatih perkembangan otot bayi.

Orang lain tidak dapat menyentuh si kecil

Menggendong bayi dengan posisi M-Shape dapat melindungi dari tangan-tangan orang dewasa lain yang belum tentu bersih. Sebagian orang merasa risih dengan orang dewasa yang suka memegang wajah bayi karena gemas. Apalagi saat musim sakit seperti flu akan beresiko tertular.

Mengurangi GERD pada bayi

Manfaat menggendong bayi dengan M-Shape selanjutnya adalah mengurangi GERD. Kondisi ini umum terjadi pada bayi dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun ketika GERD dialami oleh bayi, mereka pasti akan sangat rewel karena merasa tidak nyaman. Dan menggendong dengan posisi M-Shape dapat membantu bayi terhindar dari GERD ini.

Memudahkan pada saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan

Menggendong dengan posisi M-Shape semudah seperti membawa ransel. Oleh karena itu teknik ini juga memberikan manfaat bagi ibu dengan segudang aktivitas rumah tangga. 

Berbeda dengan cara menggendong yang lain, M-Shape memberikan kebebasan pada kedua tangan ibu sehingga dapat melakukan pekerjaan lain meski sedang menggendong bayi. Ibu pun tidak perlu khawatir meninggalkan bayi. Selain itu, anda dapat membawa bayi kemanapun anda pergi walaupun keluar rumah.

Ibu tidak mudah pegal

Menggendong dengan tangan kosong pasti sangat melelahkan apalagi dalam waktu yang lama. Sementara menggendong dengan posisi M-Shape dan dengan gendongan khusus (SSC) dapat membuat anda merasa nyaman dan rileks saat menggendong bayi. Berat badan bayi yang terbagi di bahu dan juga pinggul ibu akan meringankan beban. Dan juga posisi menggendong bayi menghadap ibu akan membuat tubuh ibu lebih tegak.

Sekarang Anda sudah tahu manfaat dari teknik menggendong M-Shape. Jika hendak mempraktekannya, pastikan tubuh bayi tertopang sempurna dan kakinya membentuk huruf M. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.