Fitur Baru Spotify, Dengarkan Musik Sesuai Mood

  • Whatsapp

Teknologi, SAKATA.ID: Spotify memiliki fitur baru yang bisa memilih lagu secara otomatis disesuaikan dengan mood dari penggunanya.

Kabar tersebut membuat para pengguna aplikasi layanan musik ini menjadi lebih selaras.

Bacaan Lainnya

Jika hati sedang kacau, bisa mendengarkan lagu galau kesukaan. Bila sedang jatuh cinta maka lagu-lagu tentang percintaanlah yang akan didengarkan.

Setelah sukses dengan Spotify Wrapped tahun 2020 lalu, aplikasi ini terus berkembang. Hal ini jelas hanya untuk memuaskan para penggunanya saja.

Fitur baru Spotify Tab Liked Song

Nama fitur yang menyesuaikan dengan mood penggunanya itu adalah Tab Liked Song.

Ada 15 genre musik yang Anda sukai mulai dari pop, rock, rap hingga Bluegrass.

Jadi ketika mood Anda sedang baik atau bad, lantunan musik bisa disesuaikan.

Namun fitur ini sementara hanya bisa digunakan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan.

Kehadiran fitur baru Spotify ini memang tidak aneh namun cukup mengejutkan.

Karena aplikasi layanan musik ini memiliki algoritma untuk menyarankan konten audio baru. Terutama pada lagu atau podcast yang biasa didengar oleh pengguna sebelumnya.

Mengenai fitur baru tersebut juga sebenarnya sudah jauh hari diajukan hak patennya terlebih dahulu tepatnya pada Februari 2018. Hak paten ini sendiri baru disetujui pada tanggal 12 Januari tahun 2021.

Adapun yang dipatenkan Spotify adalah sistem, metode, dan produk komputer untuk memproses sinyal audio. Sinyal audio dari suara dan kebisingan latar belakang (noise) dimasukkan, dan speech recognition muncul untuk mengambil kembali konten berdasarkan suara.

Cara Menggunakan Fitur Baru Spotify

Untuk cara menggunakan fitur terbaru dari Spotify ini sangat mudah sekali. Fitur ini juga bisa digunakan baik yang versi gratis ataupun premium. 

Jadi bagi para pengguna gratisan jangan khawatir tidak bisa menggunakan fitur ini. Karena Spotify telah memastikan bahwa fitur terbarunya bisa digunakan di versi gratis juga.

Untuk cara menggunakan fitur Tab Liked Song ini adalah sebagai berikut.

Pertama, harus membuat koleksi terlebih dahulu setidaknya ada 30 lagu dalam satu albumnya tersebut. Kemudian Anda masuk ke kolom koleksi dan pilih kembali lagu mana yang masuk dalam jajaran mood Anda.

Dari 30 lagu yang dimasukkan dalam koleksi bisa menggunakan filter Tab Liked Song . Kemudian pilih mana-mana saja yang memang sesuai dengan mood Anda.

Jadi ketika sedih, lagu-lagu galau yang akan diputar. Jika sedang bahagia maka lagu-lagu yang ceria bisa Anda dengarkan. Kehadiran fitur ini akan semakin membuat Anda betah untuk selalu mendengarkan musik.

Meski hanya sebuah pembaruan yang tidak begitu besar, Namun ini merupakan suatu bukti dari Spotify. Hal detail sekalipun sangat diperhatikan oleh aplikasi ini.

Perbedaan Spotify Gratis dan Premium

Spotify memiliki dua versi resmi yaitu Free dan juga Premium. Ada beberapa perbedaan yang dimiliki untuk yang premium dan gratis ini. Sebenarnya sedikit namun cukup berpengaruh juga ketika mendengarkan musik.

Pertama, jika yang gratis akan muncul iklan setiap 30 menit sekali. Untuk premium Anda tidak akan terganggu sama sekali dengan iklan.

Kedua yang gratis tidak bisa memilih lagu yang akan diputar dan harus acak. Jika premium Anda bebas memainkan lagu mana pun dan tanpa perlu random.

Ketiga,jika versi gratis hanya bisa melakukan next lagu 6 kali saja, jika telah 6 maka harus menunggu. Untuk yang versi premium tanpa ada batasan apapun.

Fitur baru spotify ini akan segera rilis di seluruh dunia baik untuk perangkat Ios Ataupun Android. Kita tunggu saja bagaimana nanti hasilnya memuaskan atau biasa saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *