Perbedaan Samsung Galaxy A22 dan A32, Mana yang Lebih Baik?

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Teknologi, SAKATA.ID: Kali ini kita akan bahas mengenai perbedaan Samsung Galaxy A22 dan A32. Kedua ponsel asal Korea Selatan ini masih banyak penggunanya dan peminatnya.

Lantaran dua ponsel ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone. Browsing, foto-foto hingga gaming bisa dilakukan dengan ponsel dari Samsung ini.

Bacaan Lainnya

Perbedaan Samsung Galaxy A22 dan A32

Samsung Galaxy A22 dan A32 mungkin banyak orang yang bingung untuk memilihnya. Karena kedua ponsel ini seolah sama tapi memiliki perbedaan juga loh.

Oke kita bahas langsung saja nih perbedaan dari Seri A22 dan A32 Samsung 

Desain dan Body

Kedua ponsel ini memiliki konsep sama untuk layarnya yaitu tipe Water Drop yang terbuat dari kaca. Fungsinya untuk membuat ponsel ini tak mudah rusak saat terkena cipratan air.

Kemudian masih dibagian depan ada bulatan kecil di tengah atas layarnya. Lubang kecil ini bukan pajangan melainkan tempat untuk kamera selfie. 

Sekarang kita beralih ke bagian belakangnya dimana perbedaan kedua ponsel ini mulai terlihat. Untuk bahan, sepertinya kedua ponsel ini terbuat dari plastik.

Di Galaxy A22 ada wadah kamera belakang yang berbentuk kotak untuk menaungi empat sensor di kiri atas casing belakang. Sementara Galaxy A32 justru membuat susunan trapesium di bagian kiri atas cangkangnya dengan empat kamera juga.

Teknologi Layar

Super AMOLED digunakan untuk kedua ponsel ini. Lantaran Super AMOLED diklaim dapat memberikan layar sentuhan dan kontras yang lebih baik. 

Kedua ponsel ini juga memliki ukuran layar yang sama yaitu 6,4 inci dengan refresh rate yaitu 90Hz. Ukuran refresh rate ini terbilang besar di kelasnya yang mampu mengalirkan konten dan berbagai aplikasi dengan mulus.

Perbedaan ada pada rasio layar dari kedua ponsel ini. Galaxy A22 dibangun dengan rasio layar banding bodi sebesar 84,3%. Sementara untuk seri A32 lebih lebar sedikit yaitu 84,6%.

Perihal kerapatan piksel yang memengaruhi kualitas gambar agar lebih jelas, Galaxy A22 membawa 274 ppi lebih kecil dibandingkan Galaxy A32 yang diberkati ukuran 411 ppi.

Performa 

Dua perangkat garapan Samsung ini rupanya ditunggangi oleh System on Chips yang sama yakni MediaTek Helio G80 dengan proses fabrikasi 12 nanometer.

Pada CPU-nya baik Galaxy A22 maupun Galaxy A32 mengandalkan Octa-core yang terdiri dari dua buah Cortex-A75 berkecepatan 2.0GHz dan enam inti Cortex-A55 yang mampu melaju hingga 1.8 GHz.

Dalam mewujudkan tampilan visual yang spekta, keduanya mengangkat GPU bernama Mali-G52 MC2. Untuk sistem operasinya sama-sama menggunakan Android 11,

Perbedaan hadir pada tampilan antar muka kedua ponsel ini. Dimana Galaxy A22 punya tampilan antarmuka One UI Core 3.1 dan A32 One UI 3.1.

Berikutnya, untuk masalah ruang penyimpanan keduanya dianugerahi oleh kapasitas luas yang terdiri dalam beberapa varian. Keduanya memiliki varian 4/64 GB, 4/128 GB, dan 6/128 GB.

Rupanya Galaxy A32 menghadirkan satu kombinasi lain yang lebih besar yaitu 8/128 GB. Kedua ponsel ini juga masih dapat menyisipkan microSDXC untuk memori eksternalnya.

Kamera

Aspek yang tidak kalah menarik untuk dibahas pada kedua smartphone dari Samsung ini adalah konfigurasi kameranya yang berbeda.

Keduanya menerapkan konsep Quad Camera dengan suguhan fitur mulai dari LED flash, panorama, dan HDR.

Galaxy A22 siap memberikan hasil gambar yang maksimal dengan sensor premier 48 MP berdiafragma f/1.8 disertai oleh PDAF dan OIS. Sensor ultrawide 8 MP f/2.2 yang diklaim dapat membidik objek dalam sudut pandang lebar.

Adapun sensor makro 2 MP ber-aperture f/2.4 berguna untuk mengambil benda kecil dan sensor kedalaman 2 MP yang diafragmanya f/2.4 bertugas dalam pemberian efek bokeh.

Nah, pada kamera depannya hadir sensor 13 MP yang mempunyai bukaan f/2.2. Dalam sektor videografi, Galaxy A22 mengandalkan resolusi 1080p dengan bingkai per detiknya berukuran 30.

Sementara itu, Galaxy A32 yang empat sensornya terdiri dari kamera utama berukuran 64 dengan yang dilengkapi dengan teknologi PDAF.Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan auto fokus.

Selanjutnya ada sensor ultrawide dengan resolusi 8 MP dengan diafragma f/2.2 untuk menangkap gambar secara luas.

Kemudian, makro yang jauh lebih besar dibandingkan Galaxy A22 yaitu 5 MP ber-diafragma f/2.4. yang pastinya hasil memotret objek kecil akan semakin detail.

Tidak ketinggalan sensor kedalaman 5 MP dengan bukaan f/2.4 yang siap sedia menyuguhkan hasil blur dengan pencahayaan mumpuni pada gambar di kelasnya.

Sementara, pada kamera depan Galaxy A32 memiliki konfigurasi lebih baik lagi Dengan resolusi 20 MP dan diafragmanya berukuran f/2.2.

Menyoal perbedaan di aspek sensor terletak pada penempatan pemindai sidik jarinya juga. Samsung Galaxy A22 memasang sidik jari di sisi kanan, sedangkan versi A32 di bawah layar dan secara optik.

Untuk harganya Samsung Galaxy A22 akan ada di kisaran Rp 2,7 jutaan untuk tipe 4/64 GB, sementara Galaxy A32 memiliki harga Rp 3,5 jutaan untuk model 6/128 GB.

Itulah perbedaan Samsung Galaxy A22 dan A32 yang telah kami rangkum bagi Anda yang suka dengan brand asal korea selatan ini.

RS-03

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *