Wajib Tahu, 5 Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
foto pixabay.com
foto ilustrasi fixabay.com

Komunitas, Sakata.id:- Mendaki gunung kini menjadi hobi yang sedang digandrungi kalangan anak muda. Berbeda dengan hobi lain, mendaki gunung diperlukan persiapan yang matang untuk itu Anda perlu mengetahui tips mendaki gunung untuk pemula yang akan dibahas kali ini.

Menikmati pemandangan pegunungan memang sangat menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Bacaan Lainnya

Apalagi jika Anda disibukkan dengan rutinitas kerja yang penuh tekanan mendaki gunung bisa meredakan stres dan memberikan efek relaksasi.

Dulu mendaki gunung tidak sepopuler sekarang, kebanyakan orang lebih memilih pergi berlibur ke pantai dari pada mendaki gunung.

Itu karena dulu kebanyakan orang menganggap mendaki gunung menjadi kegiatan yang melelahkan, namun dibalik rasa lelah yang dirasakan.

Ada kepuasan tersendiri dari pencinta hobi ini, selain dapat menikmati pemandangan yang menyejukkan hati dan pikiran, pengalaman menjadi hal berharga yang didapatkan.

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Sebelum memutuskan untuk pergi mendaki gunung, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dari jauh hari.

Terutama bagi para pemula yang masih awam dengan kegiatan mendaki, berikut tips mendaki gunung untuk pemula agar Anda tetap aman.

1.Tentukan Lokasi Pendakian

Tips mendaki gunung untuk pemula yang pertama adalah menentukan lokasi pendakian yang tepat, perlu Anda ketahui tidak semua jalur pendakian dibuat sama rata. Bagi Anda yang baru ingin mencoba mendaki sebaiknya pilihlah jalur pendakian yang mudah dilalui.

Sebaiknya jangan memilih jalur dengan level kesulitan yang tinggi karena Anda masih membutuhkan adaptasi untuk melakukannya.

Jika terlalu memaksakan akan membuat diri Anda mengalami kesulitan dan berisiko mengalami sesuatu hal yang tidak diinginkan misalkan cedera, kelelahan yang berlebihan dan yang lainnya.

Akan lebih baik jika Anda memulainya di lokasi yang dekat dengan daerah rumah Anda sebagai latihan.

Agar tidak perlu bermalam dan membawanya perlengkapan yang memberatkan seperti tenda, bekal makanan dan minuman, kompor dan lain-lain.

2. Ajak Teman yang Sudah Berpengalaman

Bagi para pemula jangan biarkan diri Anda pergi mendaki sendiri, pastikan untuk mengajak teman yang setidaknya pernah mendaki gunung sebelumnya.

Mengajak teman yang sudah berpengalaman juga sebagai jaga-jaga saat terjadi sesuatu di perjalanan saat melakukan pendakian.

Misalnya saja saat bertemu dengan hewan buas mereka dapat membantu dan mengarahkan tindakan apa yang tepat untuk dilakukan.

3. Pastikan Cuaca sedang Mendukung

Agar tidak mengalami kendala tips mendaki gunung untuk pemula selanjutnya yaitu memastikan kondisi cuaca terlebih dulu.

Agar tidak terjadi kabut tebal, hujan besar dan badai petir pastikan cuaca di sekitar lokasi sedang dalam keadaan cerah.

Untuk mengecek Anda bisa melihat perkiraan cuaca di sekitar lokasi di ponsel Anda atau bisa juga dengan bertanya kepada penjaga di pos pendakian.

Ketika cuaca sedang tidak mendukung sebaiknya jangan dipaksakan dan kembalilah lagi saat cuaca sudah membaik.

4. Pastikan Fisik dalam Keadaan Prima

Mendaki gunung membutuhkan kondisi fisik yang bugar karena tubuh akan menguras energi yang cukup besar.

Selain itu melakukan pendakian berisiko terhadap kesehatan yang harus Anda waspadai, seorang pendaki akan berisiko mengalami hipotermia, edema paru, dan mountain sickness.

Risiko mengalami gangguan tersebut dapat terjadi pada siapa saja tanpa terkecuali pendaki yang sudah profesional.

Agar kondisi fisik dalam keadaan prima, Anda harus menjaga kesehatan dari jauh-jauh hari dengan berlatih keseimbangan dan fleksibilitas pergerakan tubuh.

Selain berlatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, Anda juga perlu melatih kekuatan otot laki dan punggung karena otot tersebutlah yang akan bekerja keras saat mendaki.

Dimana Anda harus membawa beban yang cukup berat di ransel dalam perjalanan yang cukup lama dengan medan yang menantang.

Selain itu juga asupan makanan perlu dijaga dari jauh-jauh hari agar stamina Anda tetap terjaga hingga saat melakukan pendakian.

Disarankan mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat dan protein seperti telur rebus, daging merah, nasi dan lain-lain.

Selain itu juga sebaiknya mengonsumsi air putih yang cukup minimal 1,5 liter setiap harinya dan satu liter sebelum melakukan pendakian.

Buah-buahan juga disarankan dikonsumsi karena mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh.

Tips mendaki gunung untuk pemula di atas hanya sebagian hal yang perlu dipersiapkan, hal lainnya yang penting dipersiapkan jauh-jauh hari yaitu peralatan pendakian, seperti sepatu mendaki, tas carrier, kompas, senter dan peralatan lainnya. *

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *