2023, Pemkab Ciamis akan Bangun Puluhan Rutilahu

Pemkab Ciamis akan bangun
Pemkab Ciamis akan Bangun Puluhan Rutilahu di 2023 (Foto: Ilustrasi/Net)

Regional, CIAMIS: Pada 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis akan bangun puluhan rumah tidak layak huni atau Rutilahu.

Kegiatan tersebut bakal dilaksanakan melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH).

Bacaan Lainnya

Pihak DPRKPLH Ciamis sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan 62 Rutilahu milik warga pada tahun 2023

“Rutilahu yang telah tercatat dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Ciamis sebanyak 62 rumah yang harus mendapatkan prioritas dibantu dalam pembangunannya,” ungkap Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis Taufik Gumelar pada Rabu (4/1/2023).

Taufik menuturkan, dari 62 unit Rutilahu yang mendapatkan program tersebut salah satunya milik Daman warga Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis.

Warga Ciamis tersebut memang sudah terdata sebelumnya oleh Pemkab direncanakan di bangun pada 2023 bersama puluhan Rutilahu lainnya.

“Rumah Pak Daman salah satu yang terdata. Untuk mendapatkan program Rutilahu di tahun ini,” ucap dia.

Taufik mengatakan, rumah Daman memang beberapa bulan lalu terdampak bencana dan ambruk.

Kemudian, pihak DPRKPLH Ciamis telah mengajukan untuk melakukan pembangunan atau perbaikan. Saat ini sudah diproses verifikasi calon penerima program Rutilahu. Bahkan khusus untuk rumah Daman itu sudah masuk dalam rencana.

“Karena sudah masuk dalam program Rutilahu, maka rumah Pak Daman itu, pada bulan Januari 2023 ini, akan segera terealisasi,” jelas Taufik.

Pemkab Ciamis akan Bangun Puluhan Rutilahu Terkendala Kepemilikan Tanah

Taufik mengakui, ada beberapa kendala dalam proses pembangunan Rutilahu warga Tatar Galuh ini. Salah satunya adalah terkait kepemilikan tanah.

Seperti rumah milik Daman, sebelumnya walaupun sudah tercatat sebagai penerima program Rutilahu, rumah Daman berdiri di tanah milik orang lain.

“Ada sedikit kendala. Mengenai kepemilikan tanahnya. Karena rumah itu berdiri di tanah milik saudaranya,” ujar dia.

Berkat kerja keras pPemkab Ciamis, alhamdulillah saat ini tanah itu sudah menjadi milik Daman. Dia mendapat fasilitas dari BAZNas dalam penyelesaiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *