Tinggal 4 Hari Lagi, Bupati Ciamis Menolak Pilkades Serentak Ditunda

Pilkades Serentak Ditunda
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya

SAKATA.ID : Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ciamis tinggal menghitung hari. Akankah Pilkades Serentak Ditunda?

Pemerintah Kabupaten Ciamis sudah menjadwalkan Pilkades Serentak pada 15 Agustus 2020 mendatang.

Bacaan Lainnya

Namun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 14/4528/SJ, yang mengharuskan Pilkades Serentak ditunda.

Tanggapan Herdiat

Menanggapi hal tersebut Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, akan berkunjung ke Kemendagri.

Pihaknya akan mengupayakan agar Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

“Insyaallah saya akan datang langsung ke Dirjen Kemendagri untuk memastikan Pilkades ini bisa digelar sesuai jadwal,” katanya, Selasa (11/8/2020).

Herdiat menuturkan, apabila Pilkades di Kabupaten Ciamis ditunda, sesuai surat edaran dari Kemendagri, justru membuat sejumlah kerawanan kemungkinan terjadi.

Dia mengungkpakan bahwa jumlah Desa di Ciamis yang akan menggelar Pilkades sebanyak 143 desa.

Cakades Ingin Tetap Sesuai Jadwal

Menurutnya, banyak Calon Kepala Desa (Cakades) yang mengirimkan pengaduan supaya Pilkades tetap dilaksanakan.

“Banyak pengaduan dari Calon Kepala desa meminta untuk mempercepat pelaksanaannya. Jadi kalau ditunda akan terjadi masalah,” ucapnya.

Herdiat juga mengatakan, untuk para Cakades dan panitia Pilkades sudah sangat siap untuk menyelenggarakan Pilkades Serentak.

Bahkan, dia meyakini persiapan sudah termasuk dengan syarat protokoler kesehatan di masa Pandemi Covid-19 yang saat ini masih belum mereda.

“Kami pun telah menyusun regulasi saat pelaksanaannya mulai dari tahapan kampanye sampai hari pencoblosan,” ujarnya.

Alasan Keamanan

Kemudian, lanjutnya, pertimbangan Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk menggelar Pilkades Serentak pada 15 Agustus 2020 sudah matang.

Salah satu yang dipertimbangkan adalah masalah keamanan. Pihak Kepolisian agar terfokus pada satu gelaran, baik Pilkades atau Pilkada Pangandaran.

Jadi Herdiat berharap jangan sampai Pilkades Serentak ditunda.

“Polres Ciamis kan membawahi dua kabupaten, Ciamis dan Pangandaran. Sehingga kalau Ciamis menggelar Pilkades saat ini aparat keamanan akan fokus. Dan begitupun kalau gelaran Pilkada pangandaran juga akan konsentrasi pada satu perhelatan,” jelasnya.

BACA JUGA : GP Ansor Ciamis Usulkan Calon Kades Tes Corona

Herdiat berharap, upaya yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat didengar Kemendagri. Lantaran apabila Pilkades Serentak ditunda akan memunculkan permasalahan baru.

Sehingga gelaran Pilkades Serentak diharapkan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Mudah-mudahan besok sudah ada hasilnya bisa digelar atau tidak, semoga Pilkades di Ciamis sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” tegasnya.

HM (S-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.