Ciamis Gelontorkan Rp23 Miliar Bagi yang Terdampak Pandemi

Ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya

SAKATA.ID : Sebanyak Rp23.145.600.000 digelontorkan Pemerintah Kabupaten Ciamis bagi warga terdampak pandemi Virus Corona.

Uang sebesar itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis.

Bacaan Lainnya

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, jumlah penerima bantuan sosial (Bansos) ini sekitar 38.576 non data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Dan dua bantuan sekaligus per Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) sebesar Rp200.000.

BACA JUGA : 902 Hewan Kurban Ciamis Tidak Layak Dikurbankan

Menurutnya, bantuan tersebut untuk jangka waktu selama tiga bulan. Diberikan sekaligus pada Juli setelah diverifikasi dan datanya selesai.

Pemberian bantuan yang berasal dari APBD itu diberikan secara simbolis oleh Herdiat kepada beberapa penerima, di Pendopo setempat, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, meskipun pembagian Bansos hanya dilakukan secara simbolis, diharapkan tidak mengurangi makna dari tujuan membantu antar sesama.

BACA JUGA : Santri Ciamis Dipalak dan Diserang Senjata Tajam

“Mohon maaf pembagian Bansos ini dilakukan secara simbolis namun tentu harapannya ini tidak mengurangi makna dan hikmah sekalipun dilakukan secara virtual dengan seluruh Camat dan Desa se-Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Dia juga mengungkaokan, bansos tersebut sengaja tidak disalurkan di awal-awal saat pandemi masuk ke Tatar Galuh ini. Supaya tidak ada penumpukan atau double bantuan kepada penerima.

“Sengaja strateginya tidak diberikan di awal-awal, agar tidak ada penumpukan,” jelasnya.

Pasalnya, lanjut dia, apabila bantuan diberikan di awal, atau sekitar pertengahan Juni-Juli bakal bersman dengan bantuan lainnya.

Karena pada waktu itu, hampir semua bantuan mulai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perusahaan lainnya diberikan secara bersamaan.

Herdiat menambahkan, adanya pandemi sangat berdampak pada perekonomian dan sosial masyarakat.

BACA JUGA : Tol Bandung-Cilacap Via Ciamis, Ini Harapan Bupati

Sehingga pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah mengeluarkan berbagai bantuan.

“Berbagai bantuan telah didistribusikan, baik dari level pusat, provinsi dan yang sekarang disalurkan yaitu bansos yang berasal dari APBD Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.