Dinsos Kabupaten Ciamis Bentuk Kampung Siaga Bencana

Regional, CIAMIS: Dinas Sosial atau Dinsos Kabupaten Ciamis membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) guna mengorganisir masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Pada Kamis (30/12/2021) kemarin dinas sosial menggelar kegiatan sosialisasi Pembentukan Kampung Siaga Bencana ini di wilayah Desa Sukajaya dan Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Olahraga, Desa Sukajaya itu dihadiri Kepala Bidang Balinsos, Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Drs. Rismunandar.

Ia menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana adalah untuk melembagakan proses kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

Serta untuk mengorganisir potensi masyarakat terlatih siaga bencana, mengoptimalkan potensi wilayah dan sumber daya dalam penanggulangan bencana.

“Tujuan sosialisasi KSB oleh Dinsos Kabupaten Ciamis ini adalah untuk melatih masyarakat, untuk dapat mengoptimalkan proses penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi,” jelas dia.

Rismunandar berharap masyarakat dapat membentuk KSB sesuai pedoman dan ketentuan yang dijelaskan Dinas Sosial. Serta ia juga ingin supaya masyarakat lebih peduli terhadap kesiapsiagaan bencana.

“Saya berharap kepada masyarakat agar membentuk KSB ini ke depannya harus sesuai dengan pedoman dan ketentuan Dinas Sosial. Masyarakat juga bisa lebih peduli dengan kesiapsiagaan bencana,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Herdis Siswanto, S.Ip., mengatakan bahwa dengan adanya sosialisasi pembentukan KSB ini, ke depannya dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap bencana.

Sehingga di wilayahnya terbentuk petugas-petugas sukarelawan untuk pennaggulangan bencana dari masyarakat.

“Dengan sosialisasi pembentukan KSB ini saya berharap masyarakat bisa lebih peduli kesiapsiagaan bencana. Terbentuknya petugas-petugas yang sukarelawan. Serta bisa menekan terjadinya korban saat bencana. Sehingga pertolongan yang diberikan bisa lebih maksimal,” tandas Herdis.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi pembentukan KSB Dinsos Kabupaten Ciamis di wilayah Desa Sukajaya dan Desa Neglasari yakni, Camat Pamarican, Drs., H., Maman Somantri. Kemudian Kapolsek Pamarican Iptu., Jajang Sahidin, SH., Babinsa, Babinmas, Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Sahabat Tagana.

Serta hadir juga unsur Lembaga Desa Sukajaya, Unsur Lembaga Desa Neglasari, dan Pengurus Kwarran Kecamatan Pamarican.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.