Ditinggal Liburan ke Pangandaran, Pelayanan Salah Satu Puskesmas di Ciamis Ini Terhenti

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Para tenaga kesehatan Puskesmas Sukamulya Kecamatan CIhaurbeuti saat hendak berangkat rekreasi pada Jumat (10/9/2021).

Regional, SAKATA.ID: Pelayanan di Puskesmas Sukamulya, Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis sempat terhenti lantaran ditinggal liburan pegawainya.

Tidak adanya pelayanan di puskesmas membuat salah seorang warga yang hendak berobat kecewa. Karena mereka tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehetan di puskesemas tersebut.

Bacaan Lainnya

Keadaan tidak adanya tenaga kesehatan di Puskesmas Sukamulya, Cihaurbeuti, Ciamis tersebut terjadi pada Sabtu (11/9/2021) lalu.

Kabarnya, tak ada satu pun tenaga kesehatan puskesmas yang berjaga hingga pukul 11 siang, lantaran hampir seluruh nakes puskesmas sedang pergi bererkreasi ke Pangandaran.

Warga Sukamulya Hendriansyah (47) adalah salah satu orang yang mengalmi pengalaman tak beruntung, saat hendak berobat di Puskesma Sukamulya pada hari Sabtu .

Kala itu, ia terpaksa kembali ke rumah tanpa sempat memeriksakan kondisi kesehatannya di Puskesmas Sukamulya.

Hendriansyah mengaku kecewa. Padahal dia hendak berobat pasca mendapatkan vaksinasi tahap kedua yang membuat badannya meriang.

“Saya niat berobat tapi ternyata libur, biasanya sabtu juga bisa,” ucap dia.

Ia mengaku bahwa sepengetahuannya setiap pelayanan kesehatan di puskesmas yang ada di Ciamis masih beroperasi hingga Sabtu. 

Meskipun puskesmas hanya setengah hari. “Biasanya sih buka walau Sabtu. Tapi harus pagi, saya datangkan pagi, menunggu sampai jam 10 an belum buka,” kata Hendriansyah.

Sementara itu, berdasarkan pemantauan, dari Sabtu pagi hingga siang kondisi Puskesmas Sukamulya masih tutup dan sepi.  

Terlebih, sejak pagi wilayah Kecamatan Cihaurbeuti dan sekitarnya diguyur hujan lebat.  Sekitar pukul 11.00 WIB, pintu pelayanan di Puskesmas Sukamulya, baru terlihat dibuka.

Itu pun, yang membuka pintu hanya petugas jaga atau satpam. Bukan petugas pelayanan kesehatan. 

Berdasarkan informasi, sejak Jumat (10/9/2021) para tenaga kesehatan Puskesmas Sukamulya melakukan kegiatan rekreasi ke Pantai Pangandaran. 

Sebagian pegawai pergi berlibur dengan menggunakan kendaraan rental, kemudian menggunakan kendaraan pribadi, dan sebagian mengendarai kendaraan roda dua. 

Sekretaris Dinas Kesehatan Anton Wahyu saat dikofirmasi mengatakan, Dinas Kesehatan tidak mengetahui ada pegawai tenaga kesehatan Puskesmas Sukamulya yang berekreasi.

Ia menjelaskan bahwa piknik tenaga kesehatan Puskemas Sukamulya, Ciharubeuti tanpa sepengetahuan Dinas Kesehatan.

“Itu tidak atas sepengetahuan Dinas Kesehatan, saya juga sebenarnya Sabtu mendengar kabar, dan meminta dicek ke sana. Laporan persisnya belum kita terima,” kata Anton melalu sambungan telepon.

Anton juga mengungkapkan, dari informasi yang diterimanya bahwa ketika Sabtu itu masih ada pegawai yang jaga di Puskesmas Sukamulya, Ciamis

Ia juga mengungkapkan, Dinas Kesehatan Ciamis belum mendapat laporan terbaru yang berkaitan dengan pelayanan puskesmas tersebut.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *