Dukung Pengusaha Muda, Ciamis Gelar Pameran Virtual

Regional, CIAMIS: Untuk membangun semangat wirausaha dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi, dukung Pengusaha Muda meningkatkan inovasi. Terutama dalam Bidang Kewirausahaan di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ciamis, Erwan Darmawan. Diselanggarakan acara Grand Final Pameran Virtual Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Ciamis Tahun 2020, di Gedung PKK Kabupaten Ciamis pada Kamis (12/11/2020).

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan gagasan kami untuk mendukung pengusaha muda supaya lebih berkreasi dan berinovasi di bidang kewirausahaan. Mengenai hadiah, tidak seberapa dibanding dengan hasil yang telah diperoleh para peserta,” ucap Erwan.

Menurutnya, kegiatan tersebut awalnya hanya pameran biasa. Akan tetapi dengan adanya pandemi menjadi sedikit berubah menjadi virtual dengan fungsi pamerannya tetap terlaksana.

“Sampai saat ini, seluruh Pengusaha Muda di Kabupaten Ciamis telah mampu menyerap kurang lebih 400 orang pekerja. Dengan pemasaran sudah sampai ke Luar Negeri dengan omset mencapai ratusan juta rupiah per bulannya,” tuturnya.

Komentar dari Bupati Ciamis

Ditempat yang sama, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengaku kegiatan seperti ini merupakan cita-citanya dari dulu. Yakni mengembangkan pengusaha muda di Kabupaten Ciamis.

“Saya melihat seluruh pengusaha muda di Ciamis saat ini, mampu mengembangkan perekonomian serta meningkatkan perekonomian khususnya Kabupaten Ciamis,” imbuhnya.

Herdiat menuturkan, karakter para pemuda Ciamis salah satunya yaitu pantang menyerah dan visioner. Itulah yang menjadikan alasan keberhasilan dalam memajukan pemuda Ciamis.

“Pada kesempatan ini saya sudah tidak bisa berkata apa-apa lagi, dari dulu inilah yang kita harapkan. Dengan melihat pencapaian saat ini saya sangat optimis dengan pengusaha pemuda di Kabupaten Ciamis,” tuturnya.

Herdiat, mengatakan, semangat wirausaha para pemuda merupakan Pondasi yang luar biasa yang patut dikembangkan serta dipelihara dengan baik.

“Saya sangat mengapresiasi Pemuda Kabupaten Ciamis yang memiliki semangat juang yang luar biasa. Kami Pemerintah Daerah tidak ada apa-apanya jika tanpa Pemuda,” tuturnya.

Mempermudah Ijin Usaha

Sepatutnya, dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini menjadikan peluang yang luar biasa bagi masyarakat untuk memakai atau menggunakan produk lokal. Tinggal bagaimana berpikir dalam meningkatkan packaging dan marketingnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Ciamis tersebut menjelaskan, terkait perijinan usaha di Kabupaten Ciamis menjadi lebih dipermudah. Sebagai upaya bagi para pengusaha muda dalam mengembangkan usahanya.

“Dalam hal retribusi tentang perizinan usaha jumlahnya tidak lebih dari 1 miliar, ini tidak ada apa-apanya. Dibandingkan dengan dampak yang akan ditimbulkan yakni bangkitnya perekonomian serta pertumbuhan ekonomi Ciamis,” jelas Herdiat.

Bupati Ciamis meminta seluruh instansi terkait untuk bekerjasama membimbing para pengusaha muda. Agar dipermudah dalam memberikan perijinan usaha.

“Kalau bisa, ijin usahanya lebih dipermudah serta dibantu dan diterima dengan ramah. Apalah artinya satu miliar ketimbang pengusaha susah untuk mengembangkan usahanya,” tandasnya.

Bupati Ciamis berpesan, kepada seluruh masyarakat khususnya para pengusaha muda untuk lebih meningkatkan potensi yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Dengan bekerja sama bahu-membahu dukung pengusaha muda, mari kita wujudkan impian Kabupaten Ciamis lebih baik, lebih maju dan sejahtera. Mudah-mudahan Ciamis bisa menjadi gemah ripah loh jinawi,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.