Festival Bank Sampah Meriahkan Peringatan World Cleanup Day Ciamis

Festival Bank Sampah
Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra di Festival Bank Sampah

Regional, SAKATA.ID: Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) menggelar Festival Bank Sampah, Senin (26/9/2022).

Dalam kegiatan yang digelar di lingkungan Jambansari Ciamis itu menampilkan fashion show dari olahan limbah sampah dan stand pameran produk hasil sampah organik maupun anorganik.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra. Dalam kesempatan ini dia menyampaikan, Festival Bank Sampah cukup sukses dan luar biasa.

Pasalnya, banyak sekali inovasi dan kreatifitas yang dibuat dengan olahan sampah hingga mampu bernilai ekonomis.

Kemudian, kata dia, tebukti dengan suksesnya festival tersebut, keberadaan Bank Sampah di Kabupaten Ciamis terhitung sudah ada 258 unit.

Festival Bank Sampah DPRKPLH Ciamis

Ia menegaskan, peringatan World Cleanup Day tahun 2022 ini bukan semata-mata memungut sampah supaya bumi ini tetap bersih.

Namun, ada hal lain yang lebih jauh dari hanya membuang sampah pada tempatnya. Yakni bagaimana caranya supaya sampah itu menjadi daya jual yang ekonomis.

Sementara itu, Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis Taufik Gumelar mengatakan, persoalan sampah di Tatar Galuh ini dikelola dengan baik.

Bahlan, kata dia, dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Ciamis sudah ada perputaran ekonomi.

Meskipun begitu, masyarakat harus terus diajak untuk tetap ikut serta menyukseskan program lingkungan yang digaungkan Pemerimtah.

“Kemudian masyarakat juga harus lebih faham bahwa, tidak hanya sebatas untuk kebersihan. Sampah ini ada nilai ekonomi yang dapat memberikan tambahan penghasilan,” ucap Taufik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.