Herdiat Ingin ICMI Ciamis Bantu Wujudkan Visi-Misi Pemkab

  • Whatsapp

Regional, CIAMIS: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya inginĀ Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan visi-misi.

“Kami, Pemerintah Daerah ingin selalu bergandengan tangan. Dan bekerjasama dengan ICMI. Dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi visi-misi Kabupaten Ciamis,” ujar Herdiat, Kamis (29/4/2021).

Bacaan Lainnya

Kemarin, ICMI Organisasi Daerah Kabupaten Ciamis Periode 2021-2026 melakukan pelantikan di Gedung PKK Ciamis.

Sekretaris ICMI Organisasi Wilayah (ORWIL) Jawa Barat Ujang Saefulah langsung yang melantik ICMI Ciamis.

Herdiat berharap, sebagai organisasi mandiri ICMI dapat menerapkan peran dan fungsinya. Serta dapat mengembangkan kontribusinya dalam penyelenggaraan pembangunan daerah. 

Ia menegaskan, ICMI Ciamis merupakan jembatan penting masyarakat muslim. Mampu menghubungkan antara tuntutan ajaran agama dengan realitas sosial. 

Menurutnya, ICMI hendaklah memiliki wawasan yang luas tentang agama dan masyarakat. 

Keseimbangan antara keislaman, wawasan pengetahuan dan kemasyarakatan yang merupakan instrumen penting bagi ICMI. 

ICMI harus tampil terdepan dalam kebaikan, kata Herdiat. Serta harus mampu menghadapi tantangan yang ada di masyarakat. Apalagi saat ini memasuki era industrialisasi. 

ICMI Ciamis memiliki peran yang penting dan strategis. Ia yakin dan percaya organisasi ini akan mampu mengalami pendalaman dan penerapan kesalehan sosial di kalangan para kadernya.

Dengan begitu, lanjut Herdiat, ICMI benar-benar menjadi organisasi yang mampu memadukan kekuatan struktural dan kekuatan kultural. Atau moralitas dalam melaksanakan setiap tugas pokok fungsi dan peranannya. 

Sementara itu, Sekretaris ICMI ORWIL Jawa Barat Ujang Saefulah mengungkapkan, pengurus ICMI Orda Kabupaten Ciamis diharapkan bisa melaksanakan amanah organisasi.

ICMI Harus Peduli Lingkungan

Menurutnya, tujuan dari seorang cendekiawan adalah peduli terhadap lingkungan. 

Lantaran, jelas dia, seorang cendikiawan memiliki kemampuan untuk berpikir objektif. Berfikir jernih, rasional, kritis dan sistematis. Dengan didasari nilai-nilai baik dan benar.

Ujang menjelaskan, ada lima program ICMI yakni kualitas imtaq, kualitas pikir, kualitas karya, kualitas kerja, dan kualitas hidup.

Ia berharap di Ciamis dapat menjadi program sesuai dengan potensinya. Sehingga ICMI di daerah terus berkembang. Terutama, lanjitnya, membangun sumber daya manusia yang dapat mencerahkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *