Jaga Kelestarian Alam, Gema Jabar Hejo Tanam Kaboa di Ciamis

Gema Jabar Hejo
Gema Jabar Hejo Lestarikan Alam Ciamis

Regional, CIAMIS: Jaga kelestarian alam Ciamis, Gema Jabar Hejo (Gerakan Masyarakat Jawa Barat Hejo) tanam pohon Kaboa di Desa Bunter, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Selasa (1/2/2022).

Mereka terus bergerak menjaga kelestarian lingkungan dan hutan. Termasuk menjaga situs sejarah yang merupakan warisan leluhur, hingga sejumlah pohon pun telah ditanam di beberapa situs.

Bacaan Lainnya

Situs yang mereka tanami pohon itu yakni, Jang Raga Ciamis, situs Keramat Pecat Dudukuy yang merupakan patilasan Syekh Sarifit Bagus (Kiyai Mas Lurah), dan beberapa situs lainnya di Tatar Galuh ini.

Ketua Gema Jabar Hejo DPD Ciamis Mukhtar mengatakan bahwa dirinya memilih menanam pohon di situs Jang Raga, yang merupakan kearifan lokal masyarakat Ciamis.

Selain untuk kelestarian, juga mengingatkan tentang sejarah Kerajaan Galuh di Ciamis.

Ia mengatakan hal tersebut saat melakukan penenaman pohon situs Pecat Dudukuy, Desa Bunter, Kecamatan Sukadana, Ciamis.

Dia memberikan sejumlah pohon untuk revitalisasi mata air di sekitar situs. Jenis pohon yang mereka bagikan diantaranya Kaboa, Afrika, Suren, Akasia.

Mukhtar berharap, pohon yang ditanam Gema Jabar Hejo hari ini bisa berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mata air di sekitar situs Pecat Dudukuy.

Abah Mukhtar, sapaan akrabnya, juga menegaskan, dengan terjaganya kelestarian alam. Serta mewariskan air, bumi, dan udara bersih untuk generasi yang akan datang.

“Maka anak cucu di masa yang akan datang pun akan diwariskan air, bumi dan udara yang bersih. Jangan sampai, nanti mereka tak lagi mengenal pepohonan dan tak bisa menghirup udara segar,” ujar Abah Mukhtar.

Sementara itu, Pemangku Adat situs Pecat Dudukuy, Bambang menyambut baik dan berharap kegiatan Gema Jabar Hejo bisa menginspirasi masyarakat lainnya. Agar kelestarian lingkungan terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.