Jokowi: Perencanaan Pembangunan di Tahun 2021 Harus Adaptif

  • Whatsapp
Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana, saat teleconference,, di Aula Diskominfo Kota Banjar, Selasa (4/5/2021). Foto: Bayu

Regional, Banjar: Presiden Joko Widodo menyampaikan, perencanaan pembangunan di tahun 2021 harus adaptif menyesuaikan perkembangan situasi yang dihadapi saat ini.

Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di Indonesia itu, dalam pembukaan Musrembangnas melalui teleconference langsung dari Istana Negara Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Bacaan Lainnya

Presiden optimis pada tahun ini, pemulihan ekonomi akan tumbuh, setelah sebelumnya terpuruk oleh pandemi Covid-19.

“Saya optimis pemulihan ekonomi di tahun 2022 mendatang dapat tumbuh dan berkembang. Peran serta seluruh elemen, akan sangat berpengaruh terhadap pembangunan,” ungkap Jokowi.

Menurutnya, perencanaan pembangunan harus direncanakan dengan berpedoman pada data yang tepat dan akurat, ada 2 faktor yang harus menjadi pedoman utama.

Perencanaan yang Matang dan Sistematis

“Pertama adalah perencanaan yang matang dan sistematis, mengikuti perubahan yang cepat, hal tersebut menjadi perhatian penting karena perencanaan harus menyesuaikan dengan tantangan dan perubahan,” imbuhnya.

Dikatakan Jokowi sapaan akrabnya, tanpa merubah tujuan utamanya yaitu untuk mensejahterakan rakyat dan untuk memajukan bangsa.

“Yang kedua sinergitas kekuatan bangsa untuk memecahkan masalah yang kita hadapi,” terangnya.

Pihaknya mengungkapkan, permasalahan yang dihadapi baik dari sisi kesehatan, ekonomi, dan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

“Oleh karena itu, kita membutuhkan dukungan dari semua komponen bangsa, dan keaktifan dari seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai daerah,” ungkapnya.

Dirinya mengingatkan, jangan sampai kehilangan kewaspadaan dalam penanganan Covid-19. 

“Penanganan Covid-19, diharapkan tidak mengganggu kestabilan dan pemulihan ekonomi saat ini,” harapnya.

Terpisah, Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana menilai, musrenbangnas ini merupakan rencana kerja pemerintah pusat untuk tahun 2022 mendatang.

“Dalam pembukaan yang disampaikan presiden, dibahas bagaimana rencana pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di tahun 2022 mendatang, menghadapi masa pandemi,” imbuhnya.

Dikatakan Nana, musrenbangnas ini membahas program pemerintah di tahun 2022, tentang pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. (RS-02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *