LK II HMI Ciamis Ditutup, Peserta yang Lulus Harus Jalankan Kaderisasi Berkualitas

Regional, CIAMIS: Latihan Kader atau LK II Himpunan Mahasiswa Islam (HMI Cbaang Ciamis selesai dilaksanakan, Senin(7/3/2022).

Pelaksanaan kaderisasi ini dimulai sejak tanggal 28 Februari 2022 lalu, di Wisma Guru Kabupaten Ciamis, Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Bacaan Lainnya

Ketua Pelaksana Latihan Kader atau Intermediate Training HMI Cabang Ciamis Abduropik mengungkapkan, kegiatan ini diadakan selama kurang lebih selama dua minggu mulai dari tahapan Screening Test selama tiga hari dan Forum Training selama tujuh hari.

Ia menegaskan, tujuan LK II HMI Cabang Ciamis itu adalah ‘Terbinanya kader HMI yang mempunyai kemampuan intelektual untuk memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi’.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Permohonan maaf pun diungkapkannya, bahwa dalam pelaksanaan LK II tersebut masih banyak kekurangan.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Ciamis Dede Aos Firdaus Bani Aziz, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Latihan Kader II ini merupakan bagian dari proses perkaderan di HMI.

Menurutnya, fokus utama dari Latihan Kader II tersenut adalah pemberian materi yang sifatnya pendalaman. Dan pengayaan serta keahlian dalam mengelola organisasi, khususnya HMI.

“Agar kepribadian kader yang telah terbentuk dapat diimplementasikan dalam wilayah organisasi,” pesan Aos.

Ia menjelaskan, proses pengkaderan di HMI tentunya sangat penting. Yakni untuk menciptakan individu yang unggul dan berkualitas.

“Untuk menciptakan itu, tentunya memerlukan suatu sistem yang baik. Usaha-usaha yang terarah, terukur, dan terus menerus.” jelas Aos.

Mahasiswa Institute Agama Islam Darussalam Ciamis ini juga menegaskan, dalam konteks kaderisasi ini ada dua ikon penting. Yakni pelaku kaderisasi dan sasaran kaderisasi.

Menurutnya, pelaku kaderisasi adalah orang yang mumpuni secara intelektual dan mental. Sedangkan sasaran kaderisasi, adalah orang yang dipersiapakan melalui pembinaan untuk menjadi penerus di organisasi HMI untuk mencapai visi-nya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PB HMI M. Ichya Halimudin, dalam sambutannya mengatakan LK II merupakan bagian ikhtiar di HMI untuk terus menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam mempertahankan NKRI.

Ia berpesan kepada seluruh kader aga terus kaderisasi dan berbagi ilmu dengan kader yang berada di cabang masing-masing.

“Jangan lupa bahwa HMI harus melakukan aktualisasi diri. Dan kawan-kawan yang saat ini mengikuti LK II merupakan kader-kader yang terpilih. Karena tidak sembarang kader yang bisa mengikuti forum ini,” tegas dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.