Lowongan CPNS di Kota Tasik Capai 213 dan 1.034 PPPK

  • Whatsapp
Sekda Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan. Foto: Fauzi

Regional, Tasikmalaya: Pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai serentak seluruh Indonesia melalui sistem online tak lama lagi. 

Pada tahun anggaran 2021, Pemkot Tasikmalaya, Jawa Barat, mendapatkan jatah kuota 213 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 1.034 Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2021. 

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan,Pembukaan CPNS dan PPPK ini tentunya akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Menurutnya, besaran gaji pokok bagi PNS baru golongan III A di Kota Tasikmalaya gaji pokoknya sama dengan daerah lainnya sebesar Rp 3 juta dan untuk golongan II A sekitar Rp 2,5 juta

Paling yang membedakan besaran penghasilan PNS di Kota Tasikmalaya adalah Tunjangan Prestasi Pegawai (TPP), sedangkan tunjangan lainnya bagi PNS sama dengan daerah lain. 

“Yang membedakan paling TPP-nya saja bagi PNS di Kota Tasikmalaya. TPP di Kota Tasikmalaya berkisar paling kecil Rp 2 juta sampai dengan paling besar Rp 20 juta. Besaran yang didapatkan tentunya sesuai dengan kinerja pegawai masing- masing sesuai ketentuan,”kata Ivan kepada wartawan Rabu (09/06/2021).

68 bagi tenaga kesehatan

Sementara kata dia, jumlah kuota 1.034 PPPK hanya 68 bagi tenaga kesehatan dan sebagian besarnya dikhususkan bagi tenaga pendidikan atau pengajar,” ujarnya. 

Ivan menambahkan, besaran TPP di Kota Tasikmalaya sendiri atau daerah lain tentunya harus sesuai persetujuan dari Kemendagri dan Kemenpan RB meski selama ini penetapannya diserahkan menjadi kewenangan daerah sesuai dengan kemampuan anggaran wilayah masing-masing. 

“Tahun ini, Pemkot Tasikmalaya mendapat kuota 213 CPNS terdiri dari 110 bagi tenaga kesehatan dan sisanya dibuka untuk tenaga teknis lainnya,” ungkap dia. 

Lebih lanjut Ivan menjelaskan,TPP sendiri selama ini menjadi daya dorong pegawai untuk berlomba-lomba meningkatkan kinerja pegawai saat mengemban tugasnya masing- masing. 

“Jadi TPP sendiri tunjangan prestasi yang diberikan sesuai kinerjanya di luar tunjangan- tunjangan lainnya yang umum diberikan bagi PNS, seperti tunjangan anak istri, tunjangan jabatan lainnya,” jelas Ivan. 

Adapun penerimaan CPNS dan PPPK tahun ini prosesnya hampir sama dengan penerimaan CPNS tahun sebelumnya. 

Pelaksanaannya pun dilaksanakan oleh Kemenpan RB yang bekerjasama dengan panitia lokal tiap daerah dalam menentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan tes. 

Dengan demikian Ivan berharap kepada semua calon pelamar untuk mempersiapkan semua persyaratan dan memantau informasi secara detail secara online yang diumumkan melalui website resmi BKN. 

“Prosesnya hampir sama dengan penerimaan CPNS tahun sebelumnya. Kita pun di daerah mengumumkan jumlah kuota yang didapatkan di Website resmi Kota Tasikmalaya,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *