Membangun Zona Integritas, Lapas Banjar Berpredikat WBK

Regional, BANJAR: Kalapas Bawono Ika Sutomo, berhasil membangun zona integritas melalui sistem manajemen yang transparan dan peningkatan kualitas. Predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) diraih lapas kelas IIB kota Banjar.

Melalui koperasi dan sistem keuangan berbasis virtual yang dinamakan Paspay. Ditemui awak media, Bawono menuturkan bagaimana program ini dapat berjalan efektif pada Kamis (12/11/2020).

Bacaan Lainnya

Predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB). WBK sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja di pemerintah, yang sebelumnya sudah membangun zona integritas.

Ada dua indikator zona integritas untuk mendapat predikat WBK, yaitu pencegahan KKN dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Pencapaian yang Membanggakan

Di bawah pimpinan Bawono, berhasil membangun zona integritas. Ini merupakan suatu pencapaian yang sangat membanggakan, mengingat saat ini lapas di wilayah Priangan timur, hanya lapas Banjar yang berhasil mendapat predikat WBK.

“Rencananya, bulan Desember nanti, kami dapat meraih predikat WBK dari kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” ucapnya

Bawono menuturkan, semenjak bertugas di Lapas Banjar, dirinya bertekad membenahi sistem pelayanan dan manajemen yang ada. Demi mewujudkan zona integritas, ia mempelopori pembentukan koperasi yang saat ini sudah berbadan hukum.

Menurutnya, fungsi dari koperasi itu sendiri sebagai wadah bagi kesejahteraan pegawai, di koperasi yang sudah berjalan saat ini, disediakan seluruh kebutuhan bagi pegawai dan warga binaan.

Menghindari Pungutan Liar (Pungli)

Bawono menghindari penggunaan uang tunai untuk bertransaksi di koperasi lapas, dirinya mengharuskan metode pembayaran Paspay. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pungli dan transaksi ilegal di dalam lingkungan lapas.

“Tentunya upaya saya tidak lepas dari peran serta pegawai, yang serius membangun bersama-sana sebuah zona integritas, dengan memaksimalkan fungsi koperasi dan sistem keuangan virtual,” ucapnya.

Ada 3 jenis kartu yang dibedakan berdasarkan warna. Untuk pegawai mendapat kartu berwarna biru, merah untuk warga binaan, dan hijau untuk pengunjung. Lebih lanjut Bawono menjelaskan, melalui mitra koperasi Paspay sudah bekerjasama dengan 9 bank. Hal ini dapat memudahkan warga binaan mengatur keuangannya sendiri 

Upaya Peningkatan Kualitas

Sebagai upaya peningkatan kualitas bagi warga binaannya, pihak lapas saat ini mengembangkan sektor peternakan dan perkebunan untuk pelatihan. Warga binaan mendapat dilatih untuk beternak ayam dan membudidaya ikan.

Selain peternakan, para warga binaan diajak mengolah lahan yang ada di lingkungan lapas, untuk dijadikan perkebunan dan penataan lahan untuk penghijauan. Diharapkan dengan penataan dan penghijauan lahan sekitar lapas, akan tercipta lingkungan yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.