Operasi Zebra Rasa Simpatik, Kedepankan Sisi Humanis

Regional, BANJAR: Korps Lalu Lintas Polri menggelar operasi Zebra rasa simpatik 2020 selama dua pekan. Terhitung sejak 26 Oktober sampai 08 November 2020. Seluruh jajaran satlantas di wilayah Indonesia, serentak melaksanakan agenda rutin kepolisian, tidak kecuali satuan lalu lintas Polres Banjar.

Kasatlantas Polres Banjar AKP Purwadi pada Rabu (04/11/2020) mengatakan konsep operasi zebra kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Di situasi pandemi saat ini, satlantas lebih mengedepankan sisi humanis dalam melakukan penindakan kepada para pelanggar.

“Operasi kali ini kami kedepankan, konsep humanis dan edukasi, kepada para pengguna jalan. Jadi bisa dikatakan Operasi Zebra rasa Simpatik,” ucapnya.

Pendekatan yang Lebih Efektif

Lebih lanjut Purwadi menjelaskan, pendekatan secara humanis dinilai lebih efektif, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berkendara yang aman. Gelaran operasi zebra saat ini, lebih banyak memberikan himbauan dan edukasi protokol kesehatan, disamping tertib lalu lintas.

Dikatakannya, operasi zebra akan dilakukan setiap hari di jam-jam tertentu, hingga tanggal 08 November mendatang. Pantauan di lapangan selama jalannya operasi, petugas tidak hanya menindak para pelanggar  lalu lintas. Namun petugas juga menindak para pengendara yang tidak patuh protokol kesehatan.

Terlihat petugas memberikan sanksi, kepada warga yang kedapatan tidak memakai masker. Tidak hanya memberikan sanksi kepada pelanggar, Polisi juga memberikan reward kepada para penggendara yang tertib.

“Reward kami berikan secara acak, kepada para pengendara yang tertib lalu lintas, surat-surat kendaraannya komplit dan memakai masker,” Ucapnya.

Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny di sela-sela kesibukannya menyempatkan untuk meninjau jalannya operasi. Berlokasi di seputaran Pasar kota Banjar Selasa (03/11) lalu, Melda memberikan hadiah berupa dompet kepada seorang ibu yang lengkap surat-surat (STNK dan SIM), memakai helm dan memakai masker.

“Kita melakukan penindakan kepada para pelanggar protokol kesehatan, dan peraturan lalu lintas. Kami pun memberikan reward kepada pengguna jalan yang patuh, protokol kesehatan dan peraturan lalu lintas,” Ucap Melda.

Upaya preventif satlantas polres Banjar dalam operasi Zebra secara humanis ini menjadi salah satu bentuk kepedulian. Polisi ikut berkontribusi dalam penanggulangan virus covid-19 yang masih mencuatkan kasus di kota Banjar. (Bayu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.